Hadapi Pilkada 2018 & Pemilu 2019 Panwaslu Perkuat SDM

Palapanews.com- Komisoner Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Tangerang Divisi SDM dan Organisasi, Muhammad Abdul Rosid mengatakan, salah satu tantangan yang akan dihadapi pengawas Pemilu saat ini yaitu penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah 2018 dan Pemilu 2019.

Untuk menghadapi tantangan tersebut, pihaknya akan memperkuat SDM pengawas Pemilu dalam mengawal agenda kontestasi tersebut, Jumat (9/2).

“Tentu ini pekerjaan yang tidak ringan bagi kami, karena kami harus menyiapkan SDM pengawas hingga TPS,” kata Rosid.

Namun demikian sampai dengan saat ini, pihaknya sudah menyiapkan pengawas menjelang Pilkada serentak dengan pengawas kecamatan sebanyak 3 orang di 13 kecamatan hingga 63 pengawas.

“Kami juga sudah menyiapkan pengawas tingkat kelurahan sebanyak 104 pengawas (Panwas kelurahan), kemudian dalam waktu dekat kami akan mnyiapkan pengawas tingkat TPS (PTPS) sebanyak 3.900 orang,” katanya seraya menambahkan karena jumlah rasio penduduk dengan rasio pengawas tidak seimbang, maka kepada masyarakat di himbau untuk ikut mengawasi jalannya proses pemilukada ini.

Tak hanya Pilkada serentak 2018, menurutnya persiapan pemilu legislatif dan Pemilu Presiden 2019 diperkirakan juga akan dimulai tahun ini. Karena itu, ia menilai, pekerjaan Pengawas Pemilu dalam waktu dekat akan semakin berat.

“Kami pahami bahwa Pilkada Kota Tangerang yang akan digelar Juni tahun ini dan tahapan pesta demokrasi 2019 pun akan dimulai pada tahun ini juga tentu kita semua membutuhkan SDM – SDM yang memadai, sehingga kami ke depan dalam melakukan sesuatu dapat sesuai dengan koridor UU Pemilu maupun UU Pilkada,” tutupnya. (Gs)

Komentar Anda

comments