334 Karya Peserta Bersaing di Ajang UMN Animation and Film Festival 15

Palapanews.com – UMN Animation and Film Festival 15 ajang kompetisi animasi dan film kembali digelar Universitas Multimedia Nusantara (UMN). Sebanyak 334 karya peserta akan bersaing untuk menjadi pemenang UCIFEST 15.

Sebagai bagian dari perkembangan ekosistem film di Indonensia, Mahasiswa Prodi Film UMN kembali menggelar sebuah acara tahunan yaitu UCIFEST 15 UMN Animation & Film Festival. UCIFEST Ā kini telah memasuki tahun ke-15 dan untuk tahun ini mengangkat tema “Morality” dan sudah dua tahun berskala internasional.

“Acara ini, diharapkan menjadi wadah apresiasi karya dari siswa dan mahasiswa nasional maupun internasional, dimana mereka dapat mengenalkan karya karya terbaik ke dalam lingkungan yang lebih luas,” kata Petrus D Sitepu S.Sos., M.Sn. , Organizing commitee pada prescon Senin (22/4/20240).

UCIFEST 15 berlangsung secara offline pada 22- 26 April 2024 bertempat di kampus UMN ( Lecture Teather, Lecture Hall, dan Lobby Gedung A untuk acara Moonlight Cinema). Untuk registrasi mengikuti event ini bisa dilakukan secara online melalui Loket (https:/www.loket.com/o/UCIFEST-UMN).

UCIFEST 15 diikuti oleh mahasiswa dari Program Studi (Prodi) DKV dan mahasiswa Film. Pada kategori Kompetisi Film Pendek terdaftar sebanyak 334 karya film animasi, dan dokumenter dari 5 negara yakni; Malaysia, Filipina,Thailand, dan Korea Selatan.

ā€œJadi setelah pemenang pemenangnya lolos seleksi mereka akan diapproaching oleh cinema awards untuk filmnya diputar di 29 negara, baik itu fiksi maupun animasi karena cinema awards menjadi salah satu sponsor UCIFEST 15,ā€ tambah Petrus.

Menurut Festival Director Jiren Garbriel P.M. pada hari kedua hingga hari terakhir UCIFEST 15 ada beberapa program acara yang akan digelar yakni: kompetisi (ā€œStand Out, Fit Inā€, Yearning Treads, Unravelling Society, Urbam Madness, The Way She Lives). Ada juga non-kompetisi (Moonlight Cinema: Gejola Kawula muda (1985), Hide n Run with Atlas Boy, The Day The Screamed: Mayday! May Day! Mayday!, Eagleā€™s Eyes, dan Focus On: Wregas x Anggun).

Selanjutnya ada Fringe Event terdiri dari; ACTOUR: Aputure Campus Tour with Yongki Ongestu, Hollyland Academy: Cinematography Production Workflow, Book Launching, UCIFEST X SPECTRE Discussion Panel: Standar Safety di Departemen Stunt dalam Produksi Film Action, UCIFEST X NUSAKARA: 360 Exhibition, dan Exploring The Future of Immersive Media in Film Indonesia with XR Studio.

Pada pembukaan UCIFEST 15 yang berlangsung pada Senin, 22 April 2024 para hadirin disuguhi penayangan film dari Beat of UMN dan Eagle’s Eyes. Sementara Closing Night akan digelar pada Jum’at, 26 April 2024 pukul: 18.30 – 20.30 Wib di Lecture Teather sekaligus pengumuman pemenang pemenang festival. Event ditutup dengan pemutaran film Babi Buta Yang Ingin Terbang karya Sutradara Edwin. (bd)

Komentar Anda

comments