Wajib Tahu! Ini 7 Vaksin yang Dibutuhkan Orang Dewasa

oleh -
Ilustrasi. Foto: Halodoc.vom

Palapanews.com- Semakin bertambahnya usia kekebalan tubuh akan semakin menurun. Jika kekebalan tubuh menurun maka akan rentan terserang berbagai penyakit berbahaya. Supaya hal ini tidak terjadi maka orang dewasa perlu mendapatkan vaksinasi. Ada beberapa jenis vaksin yang dibutuhkan orang dewasa. Apa saja nama vaksin tersebut?  Simak penjelasannya dibawah ini

  1. Vaksin Influenza

Pada saat musim hujan, influenza atau yang biasa dikenal dengan flu merupakan penyakit yang paling banyak ditemukan. Penyakit ini terjadi karena adanya infeksi virus di sekitar saluran pernapasan. Dengan pemberian vaksin influenza, maka kekebalan tubuh terhadap penyakit ini akan meningkat.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), pemberian vaksin influenza bisa dijadikan salah satu cara efektif untuk mencegah penyakit influenza. Rekomendasi dari WHO bahwa pemberian vaksin yang dilakukan satu tahun sekali akan sangat efektif mencegah serangan maupun tertular penyakit ini.

  1. Vaksin Pneumonia

Pemberian vaksin Pneumonia bertujuan untuk menurunkan risiko penyakit Pneumonia, yakni penyakit radang paru yang diakibatkan oleh bakteri Streptococcus. Biasanya bakteri ini menyerang saluran pernapasan bagian bawah. Orang dengan daya tahan tubuh lemah akan mudah terserang penyakit ini.

Pneumonia menular melalui udara, yakni ketika batuk, bersin atau bahkan berbicara. Dikutip dari laman Web MD, terdapat 2 jenis vaksin Pneumonia. Kedua jenis vaksin ini akan digunakan bagi orang dengan usia diatas 65 tahun.

  1. Vaksin Hepatitis A dan Hepatitis B

Orang dewasa juga perlu memperoleh perlindungan dari penyakit Hepatitis, melalui pemberian vaksin baik vaksin hepatitis A maupun hepatitis B. Vaksin hepatitis A menjadi prioritas diberikan pada seseorang yang bekerja di tempat penyajian makanan seperti restoran. Hal ini dilakukan karena biasanya virus hepatitis A  menyebar melalui kotoran pengidap dan makanan. Vaksin ini harus diberikan secara rutin, agar hasilnya maksimal.

Sementara hepatitis B merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus hepatitis B. Virus ini akan menyebabkan peradangan hati akut. Apabila kondisi ini terus berlanjut, maka akan terjadi sirosis atau kanker hati.

  1. Vaksin HPV

Dikutip dari Centers for Disease Control and Prevention Pneumonia bahwa penggunaan vaksin HPV bertujuan untuk menghindari penyakit akibat virus Human Papillomavirus (HPV). Virus ini merupakan penyebab utama dari kanker servik pada wanita dan kutil kelamin baik pada pria maupun wanita.

Pada usia anak atau remaja merupakan waktu yang terbaik memberikan vaksin HPV ini. Pasalnya vaksin ini akan bekerja dengan efektif ketika seseorang belum berhubungan seksual. Jadi apabila seseorang belum mendapatkan suntikan vaksin ini, maka sesegera mungkin untuk melakukan vaksinasi.

  1. Vaksin Tetanus, Difteri dan Pertusis

Selain beberapa vaksin diatas, orang dewasa juga perlu mendapatkan vaksin untuk menghindari tertular penyakit tetanus, difteri dan pertusis alias batuk rejan. Biasanya paket vaksin ini diberikan ketika program imunisasi pada balita.

Dikutip dari laman Web MD, apabila seseorang yang telah berusia 64 namun belum menerima paket vaksin ini selama 10 tahun ke belakang, maka sesegera mungkin untuk melakukan vaksinasi. Hal ini berguna agar terhindar dari beberapa penyakit diatas.

  1. Vaksin Cacar

Pemberian vaksin ini bertujuan untuk mencegah timbulnya penyakit cacar yang disebabkan oleh virus varicella zoster. Vaksin ini juga biasanya masuk dalam satu paket imunisasi pada saat balita, seperti vaksin untuk penyakit Tetanus, Difteri dan Pertusis. Apabila seseorang sampai dewasa belum mendapatkannya, maka dokter akan menganjurkan pemberian dengan dosis yang berbeda.

  1. Vaksin Measles, Mumps dan Rubella (MMR)

Penyakit measles (campak), mumps (gondong) dan rubella alias campak Jerman dapat dicegah dengan pemberian vaksin MMR. Tidak hanya orang dewasa, anak-anak pun saat ini dianjurkan untuk memperoleh vaksin ini.

Setelah membaca penjelasan diatas diharapkan pembaca menjadi sadar akan pentingnya mendapatkan vaksin saat dewasa. Jika masih belum tahu dimana dokter spesialis vaksinasi dewasa maka bisa mencari informasi di aplikasi Halodoc. Karena Halodoc sudah hadir di berbagai kota besar di seluruh Indonesia, tidak terkecuali juga kota Semarang dan sekitarnya.

Bagi pembaca yang berada di wilayah Semarang dan sekitarnya, dapat mencari dokter atau klinik vaksin Semarang melalui aplikasi Halodoc. Bahkan melalui aplikasi ini, juga konsultasi secara online dengan dokter dan juga bisa membuat janji dengan dokter, hanya dengan satu aplikasi saja. (red)

Komentar Anda

comments