Kinerja Penerapan SPM di Pemkot Tangerang Menurun, Tahun Lalu Raih Juara 1, Kini cuma Juara 3

Palapanews.comPemerintah Kota Tangerang memperoleh penghargaan pelaksanaan dan penerapan Standar Pelayanan Minimal (SPM) Tahun 2023 dengan kategori terbaik dari Ditjen Dalam Negeri Republik Indonesia.

Sesuai penilaian, Pemerintah Kota Tangerang meraih juara 3 kategori Kota berkinerja terbaik pelaksanaan SPM 2023. Dan, penghargaan ini diserahkan langsung oleh Wakil Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia (Wamendagri) John Wempi Wetipo kepada Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang, Nurdin, dalam acara SPM Awards di Hotel Bidakara Jakarta, Rabu, 24 April 2024.

Jika dilihat dalam pelaksanaan dan penerapan SPM di tahun 2022, Pemerintah Kota Tangerang meraih juara pertama dan diterima langsung oleh Wali Kota Tangerang sebelumnya yakni Arief R Wismansyah pada 21 Maret 2023. Melihat kondisi seperti ini tentunya ada penurunan kinerja yang mengakibatkan menurunnya prestasi yang diraih.

Wakil Menteri Dalam Negeri menyampaikan,  apresiasinya kepada Pemkot Tangerang atas keberhasilannya dalam pencapaian tersebut, sehingga dapat menginspirasi daerah lain agar dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakatnya.

“Saya mewakili Pak Mendagri mengucapkan selamat kepada Pemerintah Daerah yang berhasil mendapatkan penghargaan, seperti Kota Tangerang yang berhasil mempertahankan kinerjanya karena tahun lalu juga berhasil meraih penghargaan kategori kinerja terbaik pelaksanaan penerapan SPM,” puji Wamendagri dalam sambutannya.

Sementara itu, Pj Wali Kota Tangerang,  Nurdin mengatakan, penghargaan yang diterima ini menjadi motivasi untuk dapat meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

“Tentunya bisa lebih baik lagi karena jika menyangkut pelayanan kepada masyarakat, maka standarnya harus tinggi dan selalu lebih baik dan lebih baik lagi,” jelasnya.

Salah satu warga, Junaedi mengungkapkan,  pada tahun 2023 lalu, Pemkot Tangerang meraih juara 1 dalam pelaksanaan dan penerapan SPM. Tapi, kenapa saat ini mendapat juara 3.

“Berarti kinerjnya menurun dua tingkat dari juara 1 kini juara 3. Semoga tahun depan bisa meraih juara 1,” paparnya.(ydh)

Komentar Anda

comments