HKN ke-55, Dinkes Tangsel Beri Prestasi Peningkatan Mutu Pelayanan

Palapanews.com- Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55 yang diselenggarakan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) di Lapangan Kecamatan Pamulang, Tangsel, Sabtu (16/11/2019) berlangsung meriah.

Terlebih gelaran bertema Generasi Sehat, Indonesia Unggul tersebut menjadi ajang pembuktian Dinkes Tangsel atas segala capaian yang telah diraihnya. Salah satunya, yakni peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di setiap tahunnya.

Hal ini dikemukakan Wakil Walikota Tangsel Benyamin Davnie. Menurutnya, IPM yang menjadi salah satu parameter tingginya angka harapan hidup di kota berslogan Cerdas, Modern, Religius ini.

Selain peningkatan IPM, prestasi pun dibuktikan dengan perbaikan atas dua isu utama, yaitu menurunnya angka stunting dan perbaikan terhadap jaminan kesehatan nasional di Tangsel.

“Sesuai dengan tema yang diusung, tentunya prestasi-prestasi tersebut merupakan hal luar biasa, terutama dalam mewujudkan generasi sehat dan Indonesia unggul dengan target meningkatkan angka harapan hidup masyarakat,” bebernya.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangsel, Deden Deni. Foto: Nad

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangsel Deden Deni mengatakan, dalam HKN ke-55 ini pihaknya memberikan bukti kepada masyarakat, atas capaian yang telah diraihnya.

“Salah satunya Kota Sehat Tingkat Wistara, yaitu penghargaan dengan tingkat puncak (tertinggi). Selain itu juga kita dapat penghargaan Kantin Sehat tingkat Nasional, dalam hal ini diwakilkan oleh kampus ITI,” jelasnya.

Dilanjutkan Deden, selain sederet penghargaan tersebut, pihaknya pun telah berhasil meningkatkan tingkat kepuasan pelayanan kesehatan, khususnya kepuasan masyarakat yang menikmati fasilitas Puskesmas.

“Hal itu berdasarkan survey yang kami lakukan setiap tahunnya. Alhamdulillah tingkat kepuasan pelayananannya cukup tinggi,” imbuh Deden.

Sederet torehan prestasi itu, kata Deden, diharapkan dapat menjadi motivasi bagi pemerintah dan warga Tangsel. Bahwa kepedulian terhadap kesehatan harus tetal diupayakan.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Tangsel Iin Sofiawati pun menuturkan, dalam HKN kali ini, pihaknya juga memberi berbagai penghargaan bagi setiap pihak yang terlibat dalam mendukung atas sederet prestasi yang telah diraih.

“Salah satunya pada lokus-lokus saat dilakukan verifikasi Kota Sehat. Selain itu penghargaan juga diberikan kepada ASN yang paripurna (pensiun), tenaga medis teladan, dan puskesmas berprestasi,” ungkap Iin.

Sedangkan untuk meramaikan perayaan HKN kali ini, pihaknya juga menggelar berbagai lomba. Seperti lomba senam, lomba inovasi puskesmas.

“Jadi masing-masing puskesmas saling berlomba menghasilkan inovasi baru dalam bidang pelayanan,” tutupnya. (adv)

Komentar Anda

comments