Menhub Sidak Pembangunan Runway 3 Bandara Soetta

Palapanews.com- Menteri Perhubungan Budi Karya Soemadi meninjau progres pembangunan Runway 3 atau landasan pacu Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang.

Proyek yang dikerjakan sejak 2018 tersebut diyakini Budi dapat beroperasional penuh pada Juni 2019.

“Runway 3 sendiri sekarang kira-kira menjelang 60 persen. Kita akan selesaikan Inshaallah akhir Juni bisa dipakai,” ujar Budi yang ditemani Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Muhammad Awalludin, saat meninjau runway 3 landasan pacu di Bandara Soekarno-Hatta, Senin, 15 April 2019.

Budi menjelaskan, runway 3 tersebut dapat memberikan ruang lebih untuk pergerakan pesawat di Bandara Soekarno-Hatta. Menurutnya, bila runway 3 selesai dapat menampung hingga 114 pergerakan pesawat per jamnya. Pada sebelumnya hanya dapat menampung 81 pergerakan pesawat setiap jamnya.

“Per jam itu kira-kira 81 sampai 83 dengan runway 3 ini akan menjadi 114 prsawat, jadi kurang lebih naik 30 persen. Selain itu dengan adanya runway 3 ini juga mempermudah kita maintenance,” katanya.

Sementara, untuk pembangunan paralel taxiway Bandara Soekarno-Hatta pembangunannya diklaim sudah mencapai 93 persen dan dapat digunakan penuh pada bulan Mei 2019.

“Dengan adanya tambahan ini (Taxiway) tentu membuat kualifikasi bandara Soekarno-Hatta semakin baik. kita harapkan kepercayaan masyarakat dunia, aviasi, bertambah. Juga menjadikan Bandara Soekarno-Hatta ini menjadi suatu showcase setelah kita selesaikan ini menjadi showcase yang baik sehingga safety lebih terjamin,” jelas Budi.(rik)

Komentar Anda

comments