Jokowi: Industri di Jakarta dan Banten Terintegrasi Berkat Tol Kunciran-Serpong

oleh -

Palapanews.com- Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo lengkap dengan jajaran meresmikan langsung Tol Kunciran-Serpong (Kunser) sepanjang 11,2 kilometer di Gerbang Tol Parigi pada Jumat (6/12/2019) sore.

Diketahui infrastruktur menjadi program kerja Jokowi selama dua periode menjadi Presiden. Jokowi menyebutkan alasannya membangun tol salah satunya tol Kunser agar mempercepat konektivitas antara Jakarta dan Banten. Karena, menurutnya banyak warga di Banten yang bekerja di Jakarta dan selalu mengeluh karena macet.

“Alhamdulillah pembangunan tol Kunciran-Serpong sudah rampung dan segera bisa kita manfaatkan. Banyak yang bertanya ke saya,  Pak Presiden kenapa kita bangun jalan tol ini? Saya jawab, pertama jalan tol ini akan mempercepat dan memperlancar konektivitas Banten ke Jakarta,” tutur Jokowi di lokasi peresmian.

“Saya sering mendengar keluhan warga yang bolak balik Jakarta-Banten dan sebaliknya.  Katanya, Pak kita ini bisa tua di jalan karena macet. Kerugiannya banyak sekali mulai dari sisi waktu yang terbuang di jalan, semakin banyak biaya yang kita keluarkan untuk biaya jalan. Padahal di era persaingan antar negara, sangat sengit.  Kecepatan akan sangat mentukan dan yang cepat akan mengalahkan yang lambat,” tambahnya.

Bahkan, menurutnya dengan adanya tol Kunser ini, Banten dan Jakarta yang memiliki kawasan industri akan terintegrasi dengan sangat mudah, terutama distribusi barang melalui Pelabuhan Merak.

“Dengan selesainya jalan Kunciran-Serpong ini, kawasan industri yang ada di Jakarta dan Banten akan semakin terintegrasi, sehingga distribusi logistik akan lebih mudah dan lancar.  Terutama distribusi barang yang melalui Pelabuhan Merak. Semakin tersambung maka akan semakin efisien yang artinya daya saing kita akan semakin baik dalam investasi maupun daya saing produk kita akan semakin meningkat,” lanjut Jokowi.

Tak hanya itu, kejenuhan para investor di Jakarta bisa dilimpahkan ke Banten. Dengan harapan perekonomian Banten sebagai penyangga Ibu Kota bisa meningkat.

“Kejenuhan investasi di Jakarta bisa dilimpahkan di Banten karena konektivitas Jakarta Banten semakin bersambung.  Dengan demikian perekonomian bisa menjadi meningkat. Jadi, dengan harapan ekonomi Banten bisa bergerak lebih cepat dan menciptakan lapangan kerja yang banyak lagi,” tutupnya. (nad)

Komentar Anda

comments