Tercium tak Netral jelang Pilkada Kota Tangerang, BKPSDM Gelar Pembinaan Disiplin dan Netralitas ASN

Palapanews.com- Menjelang Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Kota Tangerang mulai dipanaskan dengan kehadiran beberapa figur bakal calon wali kota yang siap mengikuti pesta demokrasi lima tahunan.

Namun, dalam Pemilukada sering kali dikaitkan dengan keberadaan aparatur sipil negara (ASN) dilingkup Pemerintah Kota Tangerang yang terbilang tidak netral karena diduga memihak kepada salah satu figur. Untuk mencegah hal tersebut, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Tangerang menggelar pembinaan disiplin dan netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota Tangerang.

Kegiatan ini diikuti oleh Perangkat Daerah, Camat, Sekcam dan para pegawai di lingkup Kota Tangerang, serta narasumber dari Deputi BKN, acara ini digelar melalui online dan onfline, yang berlangsung di Ruang Akhlakul Karimah, Puspem Kota Tangerang, Senin, 20 Mei 2024.

Penjabat Wali Kota Tangerang, Nurdin menyampaikan, Pemkot Tangerang terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas ASN melalui berbagai kegiatan pembinaan dan pelatihan, terutama menjelang pelaksanaan Pemilihan Umum dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024.

“Kegiatan ini untuk menekan angka pelanggaran bagi ASN jelang Pilkada. Untuk itu, ASN harus menjaga netralitas dan tidak berpihak dalam kontestasi politik,” ujarnya.

Nurdin mengingatkan ASN untuk selalu menjaga disiplin dan profesionalisme dalam menjalankan tugasnya. “ASN harus menjadi contoh bagi masyarakat dalam hal disiplin dan profesionalisme,” imbuhnya.

Kegiatan pembinaan disiplin dan netralitas ASN ini, kata Nurdin, diharapkan dapat meningkatkan pemahaman ASN tentang pentingnya disiplin dan netralitas. “Dengan pembinaan ini, mereka dapat terus memberikan pelayanan terbaik, sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” jelasnya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tangerang, Herman Suwarman mengingatkan, seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang, terkait Pilkada 2024, harus tetap pada komitmen menjaga netralitas.

Netralitas ASN kata Sekda, sudah diatur dalam Undang-undang ASN, dan juga Undang-undang Pemilu, yang mengikat pada setiap ASN.

“Saya kembali mengingatkan seluruh jajaran ASN, netralitas pegawai agar tidak terbawa arus politik,” papar Herman.(ydh)

Komentar Anda

comments