Sembuh dari Corona, Petugas Puskesmas Imbau Pentingnya Kejujuran Saat Berobat

oleh -
Sembuh, pasien Rumah Lawan Covid-19 dipulangkan. Foto: Nad

Palapanews.com- Sebanyak lima pasien sembuh yang berada di Rumah Lawan Covid-19 Tangsel kembali dipulangkan pada Rabu (24/6/2020). Tiga diantaranya yakni, petugas salah satu puskesmas yang berada di wilayah Pondok Aren.

Menurut pengakuan salah satu pasien berinisial T, dirinya tak menyangka bahwa akan menjadi pasien positif covid-19. Karena, dirinya menjadi salah satu Orang Tanpa Gejala (OTG).

“Awalnya sehat, namun saat mengikuti test swab pada (17/6/2020) hasilnya positif. Saya kaget, tapi risiko pekerjaan jadi mau gimana lagi. Kebetulan saya bertugas melayani pasien umum yang memeriksakan kesehatan di Puskesmas,” ujarnya di Rumah Lawan Covid-19, Ciater, Serpong, Rabu (24/6/2020).

Dirinya pun memperkirakan tertular di luar wilayah kerjanya, karena di Puskesmas dirinya menggunakan APD yang lengkap.

“Rata-rata pasien datang berobat dan tidak jujur saat mengeluhkan kondisinya, karena takut ditolak. Padahal, jika jujur penanganannya kemungkinan bisa berbeda,” jelasnya yang bekerja di bagian laboratorium ini.

Ia mengimbau kepada para pasien agar jangan pernah menutupi keluhan saat berobat ke sarana kesehatan dan selalu jujur. Karena kondisi demikian tentunya sangat penting bagi kesehatan diri dan orang disekitarnya.

“Para pasien yang berobat ke sarana kesehatan agar selalu terbuka dengan keluhannya. Sehingga OTG pun bisa diketahui darimana tertular,” ungkapnya.

Sementara, Koordinator Rumah Lawan Covid-19, Suhara Manullang mengatakan lima pasien sembuh yakni, petugas puskesmas yang terdiri dari Analis, Office Boy dan juru masak. Lainnya yaitu Asisten Rumah Tangga dan seorang pelajar.

“Setelah di-Swab dua hari berturut-turut dengan hasil negatif, pasien dengan kategori PDP dengan gejala ringan ini diperbolehkan pulang untuk mengikuti karantina di rumah,” imbuhnya.

Diketahui, mulai (16/4/2020) sudah ada 128 pasien yang dikarantina di Rumah Lawan Covid-19. Sedangkan 92 orang yang sudah pulang dan masih ada 24 pasien berstatus PDP yang dikarantina. (nad)

Komentar Anda

comments

No More Posts Available.

No more pages to load.