Disdukcapil Kota Tangsel Raih ISO 9001:2015

oleh -
Pegawai Disdukcapil menunjukan sertifikat ISO 9001:2015. (ist)

Palapanews.com- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangsel meraih sertifikat Internasional Organization for Standarization (ISO), Selasa (3/4/18) . Untuk kali ini ISO yang diraih yakni Resertification Transition ISO 9001:2015.

Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK) Yoyoh Rohaeti, menjelaskan, penghargaan ISO ini merupakan tahun ketiga yang diraih oleh Disdukcapil. “Tahun 2016 Disdukcapil Tangsel raih ISO 9001:2008, Tahun 2017 pun raih ISO yang sama, dan di 2018 ini meraih ISO 9001:2015,” ungkapnya di Kantor Disdukcapil Tangsel, Serpong.

Kata dia, ISO ini berbeda dengan ISO sebelumnya yang sifatnya administrasi. Sedangkan tahun ini sistem pelayanan, implementasi kinerja dan analisis resiko kinerja. Lanjutnya, ISO 9001:2015 ini penilaiannya dimulai dari management pelayanan, surat menyurat, sarana dan prasarana, dan resiko kinerja,ini semua harus sesuai standarisasi ISO.

Yoyoh mencontohkan, seperti halnya pelayanan keliling yang dilakukan Disdukcapil. Penilaian ISO ini dilihat seberapa besar keuntungan dari program tersebut, dampaknya seperti apa, resiko yang didapat seperti apa. “Itu semua harus tertuang dalam bentuk kajian penilaian,” jelasnya.

Mantan Kasubag Perencanaan pada Disdukcapil ini pun mengungkapkan kebanggannya akan keberhasilan kinerja bersama disdukcapil. “Management yang solid akan menghasilkan kinerja dan hasil yang terbaik,” tandasnya.

Kepala Disdukcapil Kota Tangsel, Toto Sudarto menambahkan dengan pencapaian sertifikat tersebut menunjukan Disdukcapil telah berhasil mempertahankan dedikasi serta implementasi dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Menurutnya, ISO adalah sistem manajemen yang diakui dan digunakan banyak organisasi pemerintah dan perusahan bertaraf internasional.

“Disdukcapil Tangsel telah mempertahankan sistem manajemen mutu selama tiga kali. Tentu hal tersebut menunjukan dedikasi yang tinggi dari Disdukcapil. Maka harus bisa mempertahankan bahkan meningkatkan pelayanan ke arah yang lebih baik lagi,” ujarnya.

Menurutnya, keberhasilan meraih ISO ini merupakan salah satu bagian dari komitmen Disdukcapil. Karena itu, ISO itu akan dijadikan barometer dalam upaya meningkatkan pelayanan. (kom/one)

Komentar Anda

comments