Eskpor Barang, IKM Tangsel Wajib Miliki Surat Keterangan Asal

oleh -
Disperindag Sosialisasi Surat Keterangan Asal bagi pelaku IKM di Serpong. (nad)
Disperindag Sosialisasi Surat Keterangan Asal bagi pelaku IKM di Serpong. (nad)
Disperindag Sosialisasi Surat Keterangan Asal bagi pelaku IKM di Serpong. (nad)

Palapanews.com- Dalam rangka meningkatkan ekspor dan impor produk Industri Kecil Menengah (IKM), Disperindag Tangsel bekerjasama dengan Direktorat Fasilitasi Ekspor dan Impor, Dirjen Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan untuk melakukan sosialisasi Surat Keterangan Asal (SKA) di Saung Serpong, Tangsel, Kamis (6/10/2016).

Kasi Prosedur Ketentuan Asal Barang Direktorat Fasilitasi Ekspor dan Impor, Hesty Syntia mengatakan SKA atau Certificate of Origin (COO) adalah dokumen yang membuktikan bahwa ekspor Indonesia telah memenuhi ketentuan asal barang Indonesia.

“Nantinya SKA akan bermanfaat sebagai dokumen masuknya barang ekspor Indonesia ke negara tujuan ekspor dan untuk mendapatkan tarif preferensi,” ujarnya dalam sambutan.

Sakar Sudarwanto, Kasi Perdagangan Luar Negeri Disperindag Tangsel menambahkan, sebanyak 65 IKM yang hadir diajarkan tentang cara ekspor yang sesuai dengan prosedur dan bagaimana cara membuat SKA sebagai salah satu persyaratan melakukan standarisasi ekspor.

“Walaupun saat ini Tangsel belum menerbitkan SKA tapi penerbitan SKA di Tangsel akan dikaji terlebih dahulu pada tahun depan. Makanya, sosialisasi dan tata cara pengisian SKA tengah berlangsung saat ini,” jelasnya.

Sementara untuk IKm Tangsel yang telah melakukan ekspor impor sampai ke mancanegara adalah IKM sambal roa, sepatu kulit ikan. Diharapkan juga bagi IKM yang lain agar bisa tembus mancanegara.

Sekertaris Disperindag Tangsel, Malik Kuswari menyatakan SKA sebagai langkah atau kegiatan akhir yang masuk kedalam kegiatan ekspor dan impor. Dengan adanya sosialisasi ini, pihaknya akan mendorong adanya penerbitan SKA di Tangsel agar bisa mempermudah para pelaku IKM untuk melalukan ekspor barang ke luar negeri. (nad)

Komentar Anda

comments