Jumlah Tenaga Medis di Kota Tangerang Melimpah

oleh -
Walikota Tangerang_Arief R Wismansyah. (ist)
Walikota Tangerang_Arief R Wismansyah. (ist)
Walikota Tangerang_Arief R Wismansyah. (ist)

Tangerang, PalapaNews — Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah mengatakan berdasarkan survei lembaga independen jumlah tenaga kesehatan di kota tersebut di atas rata-rata kota besar lainnya di Indonesia. Hal ini diakuinya sebagai nilai plus untuk menjadikan kota akhlakul karimah itu menjadi kota sehat.

“Kota Tangerang dianggap sebagai pusat kesehatan masyarakat, karena dokternya paling banyak di Kota Tangerang,” katanya dalam Musyawarah Cabang Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Tangerang di Hotel Olive Tangerang.

Tak hanya jumlah tenaga medis, diakuinya soal sarana dan prasarananya pun demikian. “Itu (sarana dan prasarana) paling banyak juga di Kota Tangerang,” imbuhnya.

Sebagai informasim di Kota Tangerang pada tahun 2015 jumlah Rumah Sakit ada sekitar 28 Rumah Sakit, dan Puskesmas berjumlah 32 Puskesmas dengan 1 puskesmas rawat inap ditambah 6 Puskesmas Pembantu, serta poyandu yang mencapai 1061 buah yang tersebar hampir di setiap RW di Kota Tangerang.

Hal tersebut juga didukung dengan jumlah tenaga medis yang rasionya menjapai 1,52 per 1000 penduduk. “Makanya kedepan mudah-mudahan Kota Tangerang bisa menjadi tujuan Wisata Kesehatan di Indonesia,” tegasnnya.

“Walau tantangan kita kedepan makin komplek, namun peluang itu harus kita optimalkan mengingat hamper 88 juta orang setiap tahun berkunjung ke Kota Tangerang lewat Bandara Soekarno Hatta, yang menjadi bagian dari Kota Tangerang.”

“Tapi kita perlu kerja keras dan kerjasama, termasuk dari para dokter dan semua stakeholder,” tutup Arief. (one)

Komentar Anda

comments