Arief Jadi Narasumber Konferensi Asean Mayor Forum

oleh -

Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah.(bbs)Palapanews- Keberhasilan Pemkot Tangerang dalam pemberdayaan komunitas yang menjadi pondasi penting dalam penerapan konsep Smart City, rupanya telah menarik negara-negara di Asean.

Hal ini dibuktikan dengan undangan dari Asean Mayor Forum (AMF) kepada Walikota, Arief R Wismansyah untuk menjadi narasumber dalam Konferensi Asean Mayor Forum (AMF) yang diadakan di Four Point by Sheraton, Makassar, 8-10 September 2015.

Walikota Tangerang di sela sela acara menjelaskan, bahwa Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang diminta oleh AMF untuk berbagi informasi dan pengalaman, menurutnya AMF melihat Kota Tangerang dapatĀ  membangun smart city dengan melibatkan peran serta masyarakat didalamnya, salah satunya adalah melibatkan komunitas dalam setiap kegiatan pembangunan .

“Konsep Smart City yang Kota Tangerang terapkan menitikberatkan pada keterlibatan masyarakat didalamnya, tidak melulu berhubungan dengan pengembangan teknologi informasi, meskipun menjadi salah satu fokus yang dikembangkan,” Arief menambahkan.

Walikota menyontohkan bagaimana untuk masalah kebersihan saja ada banyak komunitas yang terlibat didalamnya, semakin hari semakin banyak yang ingin berbuat untuk Kota yang saat ini dipimpin olehnya.

“Rasanya Tangerang tidak kekurangan orang – orang cerdas yang tergabung dalam komunitas yang ingin berbuat untuk kota ini, dukungan mereka jugalah yang buat kota ini semakin lebih baik.” ujar Walikota menggambarkan.

Untuk itulah, dengan pengalaman yang dimilikinya Walikota berharap kehadiran dirinya sebagai salah satu narasumber dapat memberikan influence dan juga referensi bagi kota dan kabupaten lain yang ada di ASEAN yang juga ingin menerapkan konsep smart city.

Terakhir Walikota juga menyampaikan terimakasih dan juga apresiasi terhadap pagelaran AMF kali ini, apalagi tujuan konferensi kali ini, bertujuan agar kedepan kota dapat memberikan masukan yang berperngaruh terhadap regulasi Internasional, sehingga kebijakan kota dapat memberikan pengaruh terhadap perkembangan dunia.

“Saya bersyukur dapat menjadi bagian dari acara ini, saat kedepan dunia dikelola oleh kota, kita semua ingin membangun kota masing – masing agar semakin dipandang oleh dunia luar, jadi kenapa kita tidak mulai dari kota kita sendiri.”

Rencananya, Walikota Rabu 9 september 2015 akan menjadi narasumber bersama Walikota Seberang Perai (Malaysia), dan Walikota Mumbai (India). Ketiganya akan membahas topik Kota cerdas dengan pembangunan infratruktur yang inklusif, Transportasi, dan energi berkelanjutan. (rls/nai)

Komentar Anda

comments