Antisipasi Kecelakaan, Angkutan Lebaran Dicek Petugas

oleh -
Petugas mengecek fisik bus.(fit)
Petugas mengecek fisik bus.(fit)
Petugas mengecek fisik bus.(fit)

Palapa News- Petugas gabungan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI dan Dinas Perhubungan Informasi dan Komunikasi (Dishubkominfo) Kota Tangsel menggelar pemeriksaan fisik armada angkutan lebaran 2014, Selasa (15/7/2014. Pemeriksaan dilakukan di Pool Kramat Djati, Pondok Cabe, Pamulang.

Dari hasil pemeriksaan, ada 15 armada yang stand by di pool berlokasi di Jalan Raya M.Toha itu. Delapan bus di antaranya, tidak dipasangi stiker “Laik Jalan Angkutan Mudik Lebaran 2014” oleh petugas.

“Delapan bus ini tidak diberi stiker laik jalan karena masih dalam proses perbaikan. Untuk sisanya laik jalan,” kata Kabid Angkutan Dishukominfo Kota Tangsel Wijaya Kusuma.

Kasi Teknik dan Sarana pada Dishubkominfo Kota Tangsel Muhammad Syaiful menambahkan pemeriksaan yang dilakukan merupakan arahan dari Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub RI. Maka itu, kata dia, pemeriksaan kendaraan didampingi petugas dari Kemenhub.

“Kita harus periksan kendaraan 14 hari sebelum Lebaran. Ini arahan dari Dirjen Hubdar sebagai langkah untuk kesiapan mudik,” kata Syaiful.

Menurutnya, ada sejumlah kelengkapan fisik kendaraan yang dicek. Beberapa di antaranya, yakni cek rem, emisi (uji petik), kelengkapan administrasi kendaraan, alat pemecah kaca, alat pemadam, ban dan sejumlah kelengkapan lain.

“Sejauh ini perawatan bagus dan lancar. Kalau tidak bagus, tidak akan ditempel stiker laik jalan. Kalau pihak pool memperbaiki dan sudah dicek ulang, kami akan tempelkan stiker laik jalan,” tandasya.

Syaiful juga mengimbau kepada para pemudik untuk berhati-hati memilih kendraan umum yang dipergunakannya. “Kalau tidak ada stiker laik jalan, jangan gunakan kendaraan itu,” katanya mengingatkan.(fit)

Komentar Anda

comments