UMN Alpha Sabet Juara CompFest UI 2013

oleh -

UMN AlphaPalapa News- Tim ICT UMN berhasil keluar sebagai pemenang pertama CompFest UI 2013, setelah menyisihkan ratusan peserta lainnya dari berbagai universitas. Ini membuktikan bahwa mereka telah berhasil menjadi calon-calon programmer handal masa depan.

Sumbangan prestasi bagi almamater kali ini, berasal dari mahasiswa prodi ICT, tim ALPHA UMN yang terdiri dari Archie Pusaka, Ekajaya Harsono dan Kevin Purwito (jurusan TI angkatan 2010) sebagai Juara I Senior Competitive Programming. Pada programming contest tingkat nasional ini, para peserta ditugaskan membuat program berdasarkan problem yang diberikan saat lomba.

Menurut Archie, ketika menghadapi kompetitor tim pun harus tetap tenang dan tidak bertindak gegabah. Justru dengan tindakan seperti itu kompetitor dapat terkecoh.

“Kita kejar perolehan poin, biar mereka panik dan akhirnya justru mereka yang berbuat kesalahan,” terangnya.

Ada satu strategi yang dulu dimiliki tim Saklar Lhompat dari UI yaitu mengerjakan soal yang sulit di awal pertandingan. Hal ini bisa membuat kompetitor terjebak karena mengira soal itu mudah. Akibatnya waktu mereka habis untuk memecahkan soal sulit tersebut.

“Tanpa sengaja kami berhasil melakukannya dan kompetitor gagal mengerjakan soal,” tambah Archie.

Sebelum berlaga di final pun sebenarnya mereka sudah meraih peringkat yang sangat memuaskan pada babak penyisihan tanggal 24-25 Agustus yakni menduduki posisi pertama dari 209 tim. Kemudian, Archie, Eka dan Kevin bertarung lagi melawan 19 finalis pada 21-22 September yang lalu.

Perlombaan dilakukan secara non-stop dan tertutup dari pukul 9 pagi hingga 4 sore. Dengan ‘mengisolasikan’ para peserta dapat membuat mereka lebih berkonsentrasi. Kerja keras mereka terbayarkan dengan hasil yang diumumkan di Balairung UI sekitar pukul 7 malam. Tim UMN ALPHA mengungguli UI (juara 2) dan ITB (juara 3).(bud)

Komentar Anda

comments