Dampak Relokasi, Ratusan Pedagang Pasar Ciputat Rugi Miliaran

oleh -
Kondisi Pasar Ciputat, beberapa waktu lalu. Foto: Dok

Palapanews.com- Proses revitalisasi Pasar Ciputat yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Tangsel dan merelokasi ratusan pedagang ke Plaza Ciputat, membuat para pedagang sepi pembeli hingga merugi.

Hal tersebut dikatakan Pembina Perkumpulan Pedagang Pasar Ciputat (P3C), Jamal Abdul Nasir. Menurutnya, selama relokasi ke Plaza Ciputat para pedagang mengeluh sepi pembeli. Bahkan, sudah hampir 7 bulan, banyak pedagang yang mengaku jika untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya menggunakan modal.

“Berdasarkan hasil penulusuran yang kami lakukan kepada anggota kami yang tergabung di P3C, kami tanyakan selama berdagang enam bulan lebih di Plaza Ciputat, berapa pemasukannya. Jadi anggota kami mengatakan, jangankan keuntungan, modal kami sudah habis dan kami makan setiap hari itu adalah modal (berdagang),” tutur Jamal.

Rata-rata pedagang dalam sebulan mengaku rugi Rp8,6 juta. jika anggota P3C sebanyak 400 lebih orang, maka menurutnya total kerugian selama mereka direlokasi hingga miliaran rupiah.

“Artinya kerugian ekonomi ada modal, daya beli, kemudian penggunaan, dari situ setelah dihitung ternyata muncul kerugian yang diakumulasi rata-rata Rp8,6 juta. Anggota kami 400 lebih, berarti ini 7 bulan sudah berlangsung (revitalisasi), hitungannya 8 juta dikali 7 bulan, Rp560 juta perbulan dikalikan 400 orang, nah berapa miliar coba,” ungkap Jamal.

Dirinya menyayangkan langkah Pemkot Tangsel yang merelokasi, tanpa adanya kajian terlebih dahulu.

Baca Juga: DBPR Tangsel Fokus Percepatan Revitalisasi Pasar Ciputat Tahap Awal

“Relokasi itu penempatan yang baru, karena yang ditempatkan ini pedagang, tentunya harus diperhitungkan. Pedagang ketempat yang baru itu daya belinya sama saja atau menurun atau meningkat seharusnya ada kajian seperti itu,” tutupnya. (nad)

Komentar Anda

comments