DBPR Tangsel Fokus Percepatan Revitalisasi Pasar Ciputat Tahap Awal

oleh -
Rencana revitalisasi Pasar Ciputat. Foto: DBPR

Palapanews.com- Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) melalui Dinas Bangunan dan Penataan Ruang (DBPR) tengah melakukan revitalisasi Pasar Ciputat tahap awal. Revitalisasi Pasar Ciputat ini sudah tertuang dalam Rencana Program Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Walikota Tangsel, Airin Rachmi Diany.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala DBPR Kota Tangsel, Ade Suprizal mengatakan progres revitalisasi Pasar Ciputat pada minggu ke-8 ini telah mencapai 27,55 persen dari progres rencana 31,04 persen. Pekerjaan yang sudah selesai, antara lain pekerjaan tanah, pekerjaan struktur bawah dan pekerjaan struktur atas yang saat ini sedang dikerjakan.

“Seperti situasi bencana non alam, yaitu pandemi covid-19 yang menunda jalannya program yang dicanangkan, sehingga revitalisasi Pasar Ciputat ini baru berlangsung di pertengahan tahun,” ujar Ade kepada Palapanews.com, Kamis (5/11/2020).

Kemudian, adanya kendala teknis di lapangan seperti perubahaan desain gambar rencana karena harus mengikuti keadaan dan luas lahan yang tersedia di lapangan, debit hujan yang deras dan saluran eksisting yang kurang memadai mengakibatkan kondisi galian terbanjiri sehingga menghambat pekerjaan.

Rencana revitalisasi Pasar Ciputat. Foto: DBPR

Belum lagi pengadaan alat dan bahan terhitung lambat untuk memenuhi item pekerjaan, koordinasi dilapangan antara pelaksana dan masyarakat setempat cukup membuat pekerjaan menjadi terhambat, dan Relokasi pedagang yang yang terbilang lambat mengakibatkan mundurnya jadwal pelaksanaan pekerjaan secara keseluruhan.

“Oleh karena itu, kami terus berupaya untuk menyelesaikan tahap pertama sesuai dengan waktu, Insya Allah kendala-kendala tersebut bisa diselesaikan dengan cepat kecuali karena alam,” ungkapnya.

Revitaliasasi Gedung A dan B Pasar Ciputat berjalan dua tahap dengan target waktu yang berbeda, yakni, tahap pertama bakal difokuskan perbaikan fasilitas yang terdapat di Gedung B Pasar Ciputat. Sedangkan, perbaikan Gedung A Pasar Ciputat hanya berjalan dibagian depan atau dapat disebut dengan fasad bangunan. Untuk tahap pertama karena waktu yang berlangsung saat ini cukup terbatas hanya 130 hari kalender kurang lebih 4 bulan.

“Dan yang tahun sekarang ini baru dilaksanakan tahap pertama ini berupa perubahan fasad atau tampak depan dari pasar. Terus Gedung B dengan penyentuhan perbaikan di Lantai 1 dan 2 dan RAMP untuk seluruh Gedung A dan B sebanyak tiga lantai,” imbuhnya.

Dalam upaya percepatan target tahap pertama, pihaknya meminta kepada pelaksana untuk penambahan tenaga kerja dan mempercepat pengadaan material untuk mengejar keterlambatan pekerjaan. Fokus kepada pekerjaan yang dapat dilakukan dan didahulukan.

“Pekerjaan berada pada lintasan kritis serta Pengawasan dan penertiban tenaga kerja agar selalu tertib Alat Pelindung Diri (APD). Mengingat pelaksaan proyek pada saat pandemi COVID-19, agar selalu waspada dalam pencegahan penyebaran virus di lokasi proyek,” tandasnya. (adv)

Komentar Anda

comments