Dinkes Tangsel Sebar Peta Sebaran Covid-19 ke Komisi II DPRD, Datanya Kok Beda?

oleh -
Ilustrasi. Foto: Net

Palapanews.com- Peta penyebaran Covid-19 atau virus corona di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) telah disebar melalui akun facebook Paramitha Messayu yang diketahui sebagai anggota Komisi II DPRD setempat.

Namun, satuan gugus tugas penanganan Convid-19 di Tangsel yakni Dinas Kesehatan dan Dinas Kominfo ketika ditanya mengenai peta sebaran tersebut berkilah jika belum mengetahui adanya peta sebaran tersebut.

“Belum ada konfirmasi,” ujar juru bicara satuan gugus tugas penangan Covid-19 pada Dinas Kominfo, Irfan Santoso, Jumat (20/3/2020.

Dalam dua peta tersebut disebutkan bahwa sebaran Orang Dalam Pantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di wilayah Kecamatan Pamulang terbanyak yakni 12 kasus. Diikuti Serpong 9, Pondok Aren dan Ciputat Timur 5, Serpong Utara 3, Ciputat 2 dan Setu 1. Dalam peta total kasus tersebut dituliskan 45, namun setelah ditotal hasilnya 37.

Sedangkan untuk distribusi kasus ODP dan PDP di Tangsel dituliskan wilayah Serpong 1 ada 9. Diikuti Pondok Ranji, Pamulang dan Bambu Apus ada 4. Wilayah Jurang Mangu dan Paku Alam ada 3. Wilayah Benda Baru, Parigi, Pondok Kacang Timur dan Rawa Buntu masing-masing ada 2. Wilayah Kranggan, Kampung Sawah, Pondok Cabe Ilir, Pisangan, Pondok Aren, Pondok Jagung, Pondok Pucung dan Rengas masing-masing 1. Jika ditotal keseluruhan sebanyak 40.

Tak jelas peta sebaran tersebut, jika dibandingkan data terbaru yang disampaikan Dinkes Tangsel yakni 99 ODP, 43 PDP dan warga yang positif serta dirawat ada 4 orang.

Terpisah, Anggota Komisi II DPRD Tangsel, Paramitha Messayu yang menyebarkan peta sebaran tersebut didapatkan dari Plt Kepala Dinkes Tangsel, Deden Deni.
“Dari Pak Deden,, Plt Dinkes Tangsel. Tadi habis maghrib,” ujar Paramitha saat dikonfirmasi, Jumat (20/3/2020).

Lebih lanjut, saat ditanya apakah data yang diterima data terbaru dari Dinkes Tangsel, ia mengatakan jika data tersebut, data per hari ini Jumat (20/3).

“(Data) per hari ini. Dikonfirmasi bersama lagi aja, leading sectornya Dinkes dan Kominfo,” tambahnya.

Paramitha, menyebutkan jika Komisi II DPRD Tangsel memang mendesak agar Satuan Gugus Tugas di Tangsel segera membuat sebaran peta ODP dan PDP untuk memberikan informasi kepada masyarakat.

“Memang kami dari Komisi II mendesak segera ada sebaran peta ODP dan PDP. Karena sejauh ini informasi yang diterima masyarakat belum lengkap dan up to date terkait sebaran ini. Dibutuhkan penanganan yang cepat dan responsif. Peta sebaran ini penting untuk menentukan langkah taktis dan strategis kebijakan yang dilakukan Pemkot untuk mencegah penyebaran virus Covid-19,” terang Paramitha. (nad)

Komentar Anda

comments