Pemkab Serang Siap Bantu Mahasiswa Penerima Beasiswa UT

oleh -
Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Universitas Terbuka (UT) Serang di Pendopo Bupati Serang. foto ; ist

Palapanews.com – Kabar gembira bagi mahasiswa di Kabupaten Serang. Pasalnya, bakal ada kucuran beasiswa bagi mereka yang kuliah di UT dan MoU-nya telah disahkan.

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah berencana akan memberikan beasiswa kepada 30 mahasiswa Universitas Terbuka (UT) yang membutuhkan Bantuan beasiswa melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Serang.

Hal itu, dikatakan Tatu setelah usai Memorandum of Understanding (MoU) dengan Universitas Terbuka (UT) Serang di Pendopo Bupati Serang pada Senin (17/02/2020).

Dia mengatakan, bahwa perjanjian kerjasama sebelumnnya sudah dilakukan untuk memberikan kesempatan anak Kabupaten Serang bisa mengenyam pendidikan di UT Serang.

“Sebanyak 25 anak merupakan program CSR UT Serang. Sedangkan, 5 anak itu bidik misi. Mereka semua diformalkan, semoga upaya yang kami lakukan bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Serang,” ungkap Tatu.

Sementara itu, Tatu juga mengajak Aparatur Negeri Sipil (ASN) Pemkab Serang yang ingin meniti karir diperlukannya jenjang pendidikan tinggi namun terkendala waktu. Maka, ASN harus memanfaatkan kesempatan untuk meneruskan program jenjang pendidikan magister (S2) dan Program Pendidikan Doktoral (S3) tanpa harus cuti kerja.

“Untuk memenuhi syarat karir maka ASN harus bisa memanfaatkan adanya UT,” ajak Tatu.

Penandatangan kerjasama tersebut ditandatangani langsung Bupati Tatu, Rektor Universitas Terbuka
Ojat Darojat, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Serang Asep Nugraha, dan Kepala UPBJJ UT Serang Maman Rumanta. Turut hadir, Sekda Kabupaten Serang Tubagus Entus Mahmud Sahiri dan mahasiswa UT.

Kepala Dindikbud Kabupaten Serang Asep Nugraha mengatakan, bahwa beasiswa untuk anak Kabupaten Serang yang kuliah di UT Serang sudah diajukan pihak Baznas Kabupaten Serang. “Sudah kita ajukan dengan nilai sebesar-besarnya, untuk realisasinya tergantung dari pihak Baznas,” ujarnya.

Rektor Universitas Terbuka Ojat Darojat mengatakan, dengan adanya MoU diharapkan meningkatkan sumber daya manusia (SDM) di Kabupaten Serang bukan hanya orang yang sudah bekerja atau ASN tetapi juga anak-anak Kabupaten Sernag yang baru lulus SMA.

“Anak lulusan SLTA di Kabupaten Serang mereka harus tahu UT merupakan pilihan alternatif ketika ingin masuk perguruan tinggi negeri dengan biaya yang terjangkau. Yang pasti, tujuan kami fokus pada peningkatan SDM di Kabupaten Serang,” ujarnya. (rls/bd)

Komentar Anda

comments