Disdukcapil Tangsel Prioritaskan Urus Dokumen Kependudukan Terdampak Banjir

oleh -
Korban banjir di Perumahan Pesona Serpong. Foto: Nad

Palapanews.com- Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mengeluarkan surat edaran prioritas penerbitan dokumen kependudukan yang terdampak bencana banjir.

Hal ini dikatakan Kepala Disdukcapil Kota Tangsel Dedi Budiawan, surat edaran dengan nomor 471.13/05/dataduk sudah dikirim ke kecamatan dan kelurahan di Kota Tangsel.

Dengan harapan segera disampaikan ke setiap RT dan RW agar disampaikan langsung ke masyarakat Kota Tangsel yang terdampak banjir.

“Banjir bisa mengakibatkan rusaknya dokumen kependudukan. Bisa jadi terendam air, hanyut terbawa air atau hilang,” kata Dedi menjelaskan, Jumat (3/1/2020).

Dokumen kependudukan yang dimaksud antara lain Kartu Keluarga, Akta Kelahiran, Akta Kematian, Akta Perkawinan, KTP-EL atau Surat Keterangan (Suket).

“Jika dokumen kependudukan tersebut rusak atau hilang akibat banjir bisa langsung dilaporkan dan akan dilakukan pengganti sesuai tata cara dan aturan yang berlaku,” paparnya.

Pihaknya juga menugaskan kepada pihak registrasi/operator kependudukan di kelurahan untuk memprioritaskan proses dokumen kependudukan yang rusak terdampak banjir.

“Ini penting ya, makanya camat atau lurah diharapkan cepat menyampaikan ke masyarakat terdampak banjir,” pungkasnya. (nad)

Komentar Anda

comments