Warga Tolak Uang Ganti Rugi, Proyek Tol Serpong-Cinere Terhambat

oleh -
Suasana Rapat Koordinasi Lintas Sektoral di Serpong. Foto: Nad

Palapanews.com- Ditargetkan selesai pada Desember 2019, ruas Tol Serpong-Cinere (Sercin) yang panjangnya mencapai 10,14 kilometer dan melintasi sembilan kelurahan di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) terhambat akibat banyak warga tolak Uang Ganti Kerugian (UGK).

Menurut Ketua PPK Tol Sercin, Budi Cahyono, progres pembebasan tanahnya yang masih tertunda, yakni baru mencapai 84,51 persen dan konstruksi 72,29 persen hingga Selasa (3/12/2019).

“Sebanyak 51 bidang masih terhambat. Yang paling banyak di Pondok Cabe Udik dengan kendala warga menolak nilai UGK, sehingga harus menunggu penetapan pengadilan,” ujarnya usai rapat Koordinasi Lintas Sektoral di Serpong, Selasa (3/12/2019).

Ia memaparkan, Seksi 1 untuk pembangunan tol dari Serpong ke Pamulang yang tanahnya telah selesai 87,99 persen dan konstruksi selesai 85,23 persen, kini ditargetkan selesai Februari 2020 tanah selesai 87,99 persen kontruksi 85,23 persen.

Sedangkan, untuk Seksi 2 dengan pembangunan tol dari Pamulang ke Cinere, tanahnya 75,04 persen selesai dengan konstruksi 42,47 persen ditargetkan selesai April 2020 mendatang.

“Meleset jadi lebih lambat. Harusnya bisa diselesaikan bareng dengan Tol Kunciran-Serpong Desember ini,” ungkapnya.

Tol Sercin diketahui, pembangunannya melewati Kelurahan Pondok Cabe Udik, Pamulang Barat, Pamulang Timur, Cipayung, Ciputat, Serua Indah, Kelurahan Serua, Bambu Apus serta Jombang dengan total 1.800 bidang tanah dengan luas lahan 76 hektar.

Sementara Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany mengatakan, kendala pembebasan lahan Tol Sercin akan dicarikan solusi dan jika terjadi sebuah sengketa agar segera terselesaikan tanpa menghambat program investasi.

“Kita pelajari proses hukumnya seperti apa. Apakah penyerahan lahan secara sepihak, jika ada potensi masalah dan rekomendasi dari BPN maka segera bisa dikonsinyasikan dan saya rasa pihak tol sudah paham,” imbuh Airin. (nad)

Komentar Anda

comments