Uji Coba Layanan 5G XL Axiata Berhasil Tampilkan Hologram

oleh -
Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D. Yosetya ( kiri) bentuk hologram. foto : xl

Palapanews.com – Wow! Wujud Anda tampil dalam bentuk hologram bagai di film-film fiksi. Tak lama lagi,  hal itu bakalan terwujud nyata berkat hadirnya teknologi layanan 5G.

Uji coba teknologi 5G di jaringan XL Axiata kembali dilaksanakan untuk menguji berbagai aspek teknis dan teknologi. Kali ketiga berlangsung di dalam salah satu ruangan di Gedung XL Axiata, Jakarta, Rabu (21/8).

Selama satu hari penuh, uji coba dilaksanakan dengan antara lain mendemonstrasikan kemampuan layanan 5G untuk berkomunikasi secara virtual melalui, tampilan hologram.

Uji coba 5G ini mendapatkan dukungan penuh dari Ericsson Indonesia sebagai menyediakan teknologi 5G. Sementara itu, XL Axiata telah mengantongi izin khusus dari Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk melakukan uji coba ini.

“Kami terus bersiap diri mengadopsi teknologi 5G yang merupakan teknologi jaringan yang tercanggih saat ini. Persiapan kami sangat serius di semua aspek, dan saat ini kami terus membangun ekosistemnya, terutama jaringan data yang memadai,” ungkap Yessie D Yosetya, Direktur Teknologi XL Axiata dalam siaran persnya.

Menurutnya, secara teknis, uji coba ini melibatkan perangkat 5G dari sisi radio, antenna hingga core. Kemudian diimplementasikan melalui holographic call yang digunakan untuk pertemuan serta kolaborasi tanpa terbatas ruang dan waktu, sebagai wujud peningkatan kualitas kerja.

XL Axiata berharap, uji coba ini akan memberikan banyak masukan dan informasi yang bisa semakin mematangkan persiapan menuju implementasi 5G yang akan datang.

Pada implementasinya, holographic call di jaringan 5G akan memungkinkan digunakan untuk pertemuan jarak jauh, untuk berbagai sektor baik dari sisi industrial dan bisnis, maupun perorangan misalnya di sektor pendidikan, kesehatan dan lainnya. Sehingga dapat mendorong produktivitas SDM Indonesia.

Uji coba 5G pertama dilakukan di halaman Grha XL pada April 2017 dan merupakan ujicoba 5G di luar ruangan (outdoor) pertama di Inonesia, dengan menampilkan demo pemanfaatan virtual reality (VR) dan uji kecepatan (speed test).

Kemudian yang kedua pada Agustus 2018, berlangsung di Kawasan Kota Tua, Jakarta Barat. Ketika itu, uji coba dilakukan dengan menyajikan sejumlah demo yang berkait penerapan 5G untuk mendukung smart city dan aktivitas layanan publik seperti antara lain pemeliharaan sungai, pengelolaan taman kota, serta monitoring kota dan pengangkutan sampah. (rls/bd)

 

Komentar Anda

comments