Warga Tangsel Makin Antusias Ikut Lomba Bersih Drainase

oleh -

Palapanews.com- Lomba bersih drainase yang digagas Dinas Pekerjaan Umum (DPU) makin mendapat respons positif dari masyarakat. Ini terlihat dari tingginya antusias warga Perumahan Amarapura, Setu, yang melakukan kerja bakti membersihkan drainase, Minggu (3/8/2019).

Berbeda dari biasanya, kali ini Wakil Walikota Tangsel Benyamin Davnie hadir pada seremoni pembukaan. Setiap tahun, biasanya Walikota Airin Rachmi Diany yang membuka.

Pantauan di lokasi, puluhan bapak-bapak terlihat turun ke selokan tanpa menggunakan sepatu karet. Ibu-ibunya pun menyuguhkan makanan untuk bapak-bapaknya yang kerja bakti.

Menurut Benyamin, ada dua hal yang perlu dicapai, yakni menghidupkan lingkungan yang bersih dan menghidupkan kembali gotong royong di tengah masyarakat.

“Saat ini targetnya adalah gotong royong kebersihan saluran. Namun jangka panjang gotong royong bisa untuk menolong orang sakit, gempa bumi, bahaya narkoba yang jika masyarakatnya bersatu bisa tangkal. Ini sangat menggembirakan bagi kehidupan kota,” ujarnya.

Ia melihat antusiasme warga disini luar biasa dan sangat tinggi, sehingga harus menjadi contoh bagi daerah lain. Sedangkan untuk saluran sudah diperbaiki oleh Pemkot Tangsel melalui DPU.

“Karena ini daerah rendah yang menampung air dari atas sehingga kita perkuat drainasenya, tinggal aspek pemeliharaannya saja. Hari ini pemeliharaan dengan mengangkut sedimentasi dari pasir-pasir,” ungkapnya.

Sementara Plt. Kepala DPU Aries Kurniawan mengatakan, kegiatan lomba bersih saluran drainase ini dalam rangka HUT Kemerdekaan Indonesia. Dengan penilaian yang dilakukan dari keikutsertaan warga ada berapa banyak, pekerjaannya seperti volume dan panjang untuk drainase tersebut.

“Untuk kebersamaan cukup baik karena tingginya antusias warga. Apalagi ini titik awal perlombaan. Semoga warga semakin menjaga saluran depan rumahnya. Nanti ada hadiahnya ada piala bergilir,” bebernya. (nad)

Komentar Anda

comments