Kabupaten Tangerang Bakal Punya Terminal Tipe A, Ini Usulan 3 Lokasinya

oleh -
Kepala Dishub Kabupaten Tangerang Bambang Mardi. Foto: Mat

Palapanews.com- Kabupaten Tangerang bakal memiliki terminal dengan fasilitas lengkap dengan tipe A. Ada tiga lokasi yang diusulkan, berdasarkan kajian yang dilakukan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ).

“Hasil kajian dari BPTJ merekomendasikan tiga lokasi untuk pembangunan Terminal tipe A. Yaitu sekitar Bitung, Lippo Karawaci dan Kawidaran Jalan Raya Serang,” kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Tangerang, Bambang Mardi Sentosa.

Dishub Kabupaten Tangerang, menurutnya sudah melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat terkait rencana pembangunan terminal tipe A tersebut. Pasalnya, pengoperasian terminal tipe A ini berada di bawah kendali pemerintah pusat melalui Kementerian Perhubungan.

“Pembangungan dan pengoperasian Terminal A itu merupakan kewenangan Pemerintah Pusat sesuai UU 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah,” Bambang menambahkan.

Terminal A yang direncanakan itu, lanjut Bambang, nantinya akan menggunakan system Time Table berbasis IT.

“Konsep itu nanti akan memudahkan mobilitas angkutan keluar masuk terminal. Dan kalau bisa pemerintah pusat dan daerah secepatnya merealisasikan pembangunan terminal itu,” ungkap Bambang.

Soal berapa luas lahan yang dibutuhkan, Bambang tak merinci. Hanya saja, ia mengaku untuk membangun terminal dibutuhkan lahan dengan luas dua sampai tiga hektar.

“Luas lahan untuk Terminal A itu tidak diatur secara pasti. Hanya saja, berdasarkan kajian, Kabupaten Tangerang layak untuk dibangun terminal tipe A,” tandasnya. (mat)

Komentar Anda

comments