Beda Manfaat Kopi Dingin dan Kopi Panas

Palapanews.com- Mengonsumsi kopi dingin ternyata beda manfaatnya dengan kopi panas. Namun, rupanya kopi dingin lebih sedikit bermanfaat dibandingkan dengan kopi panas.

Kopi panas dikenal baik untuk mengurangi risiko penyakit jantung, mengurangi risiko penyakit diabetes tipe 2 dan bahkan dipercaya bisa memperpanjang usia. Kopi juga dianggap mampu mengurangi risiko depresi dan membantu meningkatkan kemampuan kognitif.

Kadar polyphenols, mineral, dan antioksida yang tinggi adalah rahasia di balik manfaat-manfaat kopi tersebut. Dengan menambahkan es pada seduhan kopi ternyata tidak mengubah manfaatnya. Nutrisi pada kopi tidak akan berkurang, berapapun suhu penyajiannya.

Namun, es kopi rupanya sedikit lebih bermanfaat dibanding kopi panas. Kopi dingin memiliki tingkat keasaaman 67 persen lebih rendah daripada kopi panas sehingga merupakan pilihan yang lebih baik bagi kita yang memiliki masalah lambung.

Es kopi juga pilihan tepat untuk kita dengan lidah yang sensitif dengan panas. Akan tetapi, kopi dingin ternyata punya konsentrasi kafein yang lebih tinggi. Jadi, jika memiliki masalah tidur atau insomnia, kita sebaiknya menghindari mengonsumsi kopi dingin atau es kopi. (red)

Sumber: teen.co.id

Komentar Anda

comments