Spesialis Bobol Rumah Makan, Satu dari Dua Pencuri Tewas Ditembak

oleh

Palapanews.com- Polisi berhasil membongkar  komplotan pencuri atau hitung yang kerap beraksi di rumah makan di wilayah Cipondoh, Kota Tangerang. Dua dari tiga pelaku berhasil diringkus, satu diantaranya ditembak mati lantaran berupaya melawan petugas.

Wakapolres Metro Tangerang, AKBP Harley Silalahi mengatakan, para pelaku ini masih tergolong usia muda, yakni M (19), G (18), dan T (19) DPO. Seluruhnya warga Cipondoh dan tidak memiliki pekerjaan.

“Kami berhasil menangkap M dan G. Saat dalam perjalanan untuk menangkap DPO A, pelaku G melakukan perlawanan dengan merebut senjata anggota. Anggota langsung mengambil tindakan tegas sehingga pelaku meninggal dunia,” ujar Harley di RSUD Tangerang, Jumat 20 Juli 2018.

Harley menjelaskan, kasus ini berawal saat para pelaku melancarkan aksinya di rumah makan Ayam Plosok, Cipondoh, Kota Tangerang pada Sabtu 14 Juli 2018. Ketiga pemuda tanggung yang selalu beraksi menggunakan parang ini, mengincar barang- barang yang ada di rumah makan yang sudah tutup itu.

Aksi yang terekam CCTV tersebut, lanjutnya, para pelaku berhasil menggondol satu kotak amal beserta isinya dan 15 tabung gas elpiji.

“Ini barang bukti mereka ambil dari satu TKP saja yaitu gas dan kotak amal dari rumah makan di Cipondoh,” katanya.

Harley menambahkan, jaringan komplotan pencuri yang mengaku telah beraksi empat kali ini selalu menyasar rumah makan, sekaligus juga menyasar sepeda motor untuk digasak.

“Pelaku beraksi selalu bertiga. Cara mereka adalah yang satu menunggu diluar, ada yang masuk ke dalam untuk eksekusi dan satu lagi yang mengamati,” jelasnya.

Sementara, pelaku berinisial M mengaku, uang hasil kejahatannya untuk dipakai membeli handphone. “Saya tugasnya cuma nunggu doang. Saya juga baru pertama kali ini mencuri, dan dapat uangnya Rp 198 ribu. Itu juga buat beli HP,” kata pelaku.

Kini, jasad pelaku G masih berada di RSUD Tangerang. Sedangkan M dijerat pasal 363 Ayat 2 Tentang Pencurian dengan Pemberatan yang diancam hukuman penjara maksimal 9 tahun.

“Pelaku berinisial A masih kami buru keberadannya,” tutupnya. (rik)

Komentar Anda

comments