Menulis Tangan Bisa Asah Kemampuan Motorik

Ilustrasi menulis tangan.

Palapanews.com- Tahukah Anda, ternyata menulis tangan memiliki manfaat tersendiri bagi tubuh kita. Selain tentunya bagi sebagian orang, menulis tangan itu cara ampu untuk mengungkapkan perasaan atas segala yang hal sedang mereka alami.

Sebuah penelitian dari Selandia Baru menyatakan bahwa menulis pikiran dan perasaan setelah peristiwa traumatis benar-benar dapat membuat luka fisik lebih cepat sembuh.

Sementara menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Advance in Psychiatric Treatment, manfaat menulis tangan tidak hanya dialami dalam jangka pendek saja, namun juga dalam jangka panjang. Pasalnya, orang yang memiliki kebiasaan menulis secara manual telah diketahui memiliki peningkatan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Dimulai dari peningkatan suasana hati, kesejahteraan, serta fungsi tubuh seperti paru-paru dan hati yang lebih baik. Tidak hanya itu, menulis juga dikaitkan dengan penurunan tekanan darah serta tingkat stres dan gejala depresi.

Ternyata, manfaat menulis tidak sampai di situ saja. Jika Anda mengalami kesulitan untuk tidur, cobalah untuk menulis. Menurut sebuah studi “Applied Psychology: Health and Well-being”, menghabiskan waktu sekitar 15 menit di malam hari, hanya untuk menuliskan segala hal yang Anda syukuri bisa membuat keajaiban terhadap tidur Anda.

Para peneliti menemukan bahwa peserta studi yang menuliskan catatan harian mengenai berbagai hal yang mereka syukuri sebelum tidur diketahui memiliki kualitas tidur yang baik dan lebih panjang. (red)

Sumber: okezone.com

Komentar Anda

comments