Bupati dan Walikota Tangerang Ajak Masyarakat untuk Salat Gerhana Bulan

oleh -

Palapanews.com Fenomena gerhana bulan total ‘Super Blue Blood Moon’ pada malam ini (31/01) dapat  dilihat jelas oleh masyarakat Indonesia.

Fenomena alam tersebut akan berlangsung selama 5 jam 20,2 menit, tepatnya dari pukul 17.49 WIB hingga 23.09 WIB.

Melihat fenomena alam tersebut, Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar dan Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah mengajak masyarakat Tangerang untuk melakukan salat gerhana bulan.

“Kami mengajak masyarakat Tangerang untuk melakukan salat gerhana bulan di masjid atau musholla terdekat,” kata Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar, Rabu (31/01).

Sementara itu, untuk di Kota Tangerang tepatnya di Masjid Raya Al Adzhom akan dilakukan salat gerhana bulan berjamaah disertai dengan ceramah agama.

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menjelaskan fenomena gerhana bulan yang terjadi pada 31 Januari 2018, merupakan fenomena yang langka. Pasalnya, fenomena tersebut terjadi saat bulan berada dalam konfigurasi Supermoon dan Bluemoon.

Dikutip laman LAPAN, fenomena yang pernah terjadi 152 tahun lalu atau 31 Maret 1866 itu menjelaskan posisi supermoon terjadi ketika saat purnama Bulan berada dalam jarak terdekatnya dengan Bumi sehingga ukuran Bulan ini menjadi 14 persen lebih besar dan 30 persen lebih terang daripada biasanya, sedangkan Blue moon adalah Bulan purnama yang terjadi dua kali dalam satu bulan kalender.

Fenomena yang terjadi pada 31 Januari 2018 diawali dengan gerhana sebagian, diikuti dengan gerhana total, gerhana parsial lagi, dan Bulan sepenuhnya terlepas dari bayangan Bumi. Sayangnya, peristiwa tersebut terjadi hanya di sebagian besar permukaan Bumi, yaitu dari daerah Amerika Utara, Samudera Pasifik, Siberia Timur dan Asia, termasuk di Indonesia. (ydh)

Komentar Anda

comments