2019, Seluruh Tanah di Tangsel Ditarget Bersertifikat

oleh -
Menteri ATR Sofyan Djalil dan Walikota Tangsel saat kunjungan ke Ciputat. (nad)
Menteri ATR Sofyan Djalil dan Walikota Tangsel saat kunjungan ke Ciputat. (nad)

Palapanews.com- Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menargetkan pada 2019 mendatang seluruh lahan di kota tersebut bersertifikat. Hingga kini, total tanah yang bersertifikat sudah mencapai 63 persen.

“Untuk total bidang di tangsel 403.831 bidang tanah, dan yang telah Bersertifikat sebanyak 271.433 bidang tanah atau 67 persen, sesuai target Kita tahun 2019 Kita sudah 100 persen bersertifikasi,” kata Kepala BPN Kota Tangsel, Asnawati usai mendampingi Menteri Agraria Tata Ruang dan BPN, Sofyan Djalil saat kunjungan ke Ciputat, Jumat (16/12/2016).

Sementara Walikota Tangsel, Airin Rachmi Diany mengatakan untuk melakukan percepatan di bidang itu, Airin mengaku akan menguatkan kebijakan melalui berbagai insentif.

“Ada dua konsep dengan BPHTB terhutang, dimana sertifikatnya terbit tapi ada dokumen yang menyatakan BPHTB belum terbayar, jadi manakala ada jual-beli harus dibayarkan dulu BPHTB nya sebelum balik nama, yang kedua melalui perwal yang sudah ada dan kami akan memberikan insentif potongan 25 persen untuk pajak PBB,” kata Airin.

Selain insentif yang diberikan, Airin mengaku akan menganggarkan Prona melalui APBD Tangsel. Serta mendorong pihak swasta melalui program CSR.

“Tadi sudah Kami diskusikan, terus menjalankan Prona dari APBN dan Prona dari APBD, selain itu Kami juga akan dorong melalui dana CSR karena ada beberapa perusahaan yang sudah mau, Kita dorong juga ini secara swadaya, jadi masyarakat yang mampu proses sertifikasi lahannya dikenakan tarif,” pungkasnya. (nad)

Komentar Anda

comments

No More Posts Available.

No more pages to load.