Airin-Benyamin Dilarang Tampil di Website Resmi Pemkot

oleh -
Penampakan website resmi Pemkot Tangsel sebelum adanya larangan Bawaslu. (ymw)
Penampakan website resmi Pemkot Tangsel sebelum adanya larangan Bawaslu. (ymw)
Penampakan website resmi Pemkot Tangsel sebelum adanya larangan Bawaslu. (ymw)

Palapanews- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Banten melarang calon walikota dan wakil walikota Tangerang Selatan (Tangsel) petahana Airin Rachmi Diany-Benyamin Davnie untuk tampil situs resmi milik pemerintah daerah setempat.

“Mulai Oktober pasangan petahana‎ di Tangsel dilarang muncul di portal. Baik foto ataupun beritanya,” kata Ketua Divisi Sumberdaya Manusia Bawaslu Banten Solihin, Rabu (30/9/2015).

Ketentuan ini, menurut Solihin diatur dalam Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota.

Pasal 71 ayat 3 pada regulasi di atas berbunyi, petahana dilarang menggunakan program dan kegiatan pemerintah daerah untuk kegiatan pemilihan 6 bulan sebelum masa jabatan berakhir. Sementara waktu berakhirnya tugas Airin Rachmi Diany-Benyamin Davnie tepat pada April 2016 mendatang.

“Inikan sudah jelas masuk masa kampanye. Mau tidak mau kalau ada yang melaporkan (petahana) masih ada di website bisa dikenai sanksi pidana,” jelasnya.

Solihin uraikan‎, dalam Pasal 188 masih dari payung hukum tersebut dapat dijerat minimal satu bulan dan maksimal enam bulan hukuman kurungan penjara. Dendanya paling murah Rp600 ribu, dan termahal Rp6 juta.

Larangan pemuatan konten foto dan nask‎ah berita di website remi pemerintah daerah
tangerangselatankota.go.id ini, lanjutnya, hanya berlaku bagi kedua pasangan calon petahana. Satuan Kerja Perangkat Daerah lainnya masih bisa diakomodir oleh Bagian Pengelolaan Teknologi Informasi (BPTI) Sekretariat Daerah Kota Tangsel untuk tampil di portal resmi.

“Artinya, (Portal Resmi Pemkot Tangsel) ‎ hanya memuat SKPD saja. Ya petahana harus menjaga sikaplah, supaya tidak menimbulkan problematika,” tambah Solihin.(ymw)

Komentar Anda

comments