Posisi Wamen Dinilai Bantu Kinerja Menteri

oleh -

PN-1 Polemik terkait keberadaan Wakil Menteri (wamen) kian membuncah. Namun, meski dinilai membebani anggaran negara, keberadaan wamen dinilai dapat membantu tugas berat seorang menteri.

Seperti yang diungkapkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu. Menurutnya, tugas seorang menteri sangat berat. Maka baginya keberadaan wamen sangat membantu.

“Intinya saya sangat terbantu dengan adanya wamen. Banyak yang dibantu oleh wamen, jadi keberadaan wamen sangat berguna,” kata Mari, di Bandung, Sabtu (9/6/2012).

Selain itu, kata dia, tugas negara perlu dikerjakan oleh suatu tim yang saling bekerja sama. Sehingga tim tersebut mendukung visi dan misi kenegaraan.

Namun, ia enggan menyebutkan berapa idealnya jumlah wamen atau tim yang harus mendampingi seorang menteri dalam menjalankan tugas-tugasnya.

“Saya tidak bisa menyebutkan, itu hak prerogatifnya presiden,” terangnya.

Seperti diketahui, Mari saat ini didampingi Wamen Sapta Nirwandar, mantan Direktur Jenderal Pemasaran Kemenbudpar.

Sebelumnya diberitakan, keberadaan wamen dinilai hanya membebani anggaran negara dan tak sejalan dengan program Gerakan Nasional Penghematan Energi dan Penghematan Anggaran yang dicanangkan pemerintah.

Mahkamah Konstitusi (MK) sendiri menyatakan, keputusan mengangkat atau memberhentikan wamen sepenuhnya bisa bisa dilakukan Presiden. Putusan MK ini menguatkan Pasal 4 dan Pasal 17 UUD 1945 jo Pasal 10 UU Nomor 39 tahun 2008.(SDN/PN-1)

Komentar Anda

comments