Pemkot Tangerang Gaungkan Desa Cinta Statistik untuk Validkan Data di 104 Kelurahan

Palapanews.com- Pemerintah Kota Tangerang meluncurkan Program Desa Cinta Statistik (Desa Cantik) yang tersebar di seluruh kelurahan yang ada di Kota Tangerang. Desa Cantik ini bertujuan untuk mewujudkan ekosistem data yang terintegrasi dan valid di 104 kelurahan.

Peluncuran Desa Cantik ini dihadiri oleh Penjabat Wali Kota Tangerang, Deputi Stastik BPS RI, Plh Kepala BPS Provinsi Banten, serta 104 Lurah se-Kota Tangerang.

Penjabat Wali Kota Tangerang, Nurdin menyampaikan, program Desa Cantik ini dapat membangun kelurahan yang cerdas dan berbasis data.

“Dengan data yang akurat dan valid, Kota Tangerang dapat melakukan perencanaan dan pembangunan yang lebih efektif dan efisien,” imbuh Nurdin, Rabu, 12 Juni 2024.

Program Desa Cantik ini, ucap Nurdin tentunya akan memberdayakan kader statistik di setiap kelurahan untuk mengelola data dan berkontribusi dalam pengambilan keputusan di tingkat kelurahan dan kota.

“Data statistik bisa digunakan sebagai acuan atau solusi untuk membuat program dan kebijakan pembangunan yang tepat sasaran dan efektif, memantau kemajuan pembangunan dan memastikan bahwa program pembangunan berjalan sesuai dengan rencana,” ungkapnya.

Nurdin berharap, program ini dapat meningkatkan literasi statistik di kalangan masyarakat. “Masyarakat harus memahami, data statistik bukan hanya angka, tetapi juga informasi berharga yang dapat digunakan sebagai solusi untuk meningkatkan pembangunan di Kota Tangerang,” jelasnya.

“Harapan kita, data-data yang ada, bukan hanya sekadar angka-angka, tapi dapat berkontribusi maksimal dalam proses pengambilan keputusan di Kota Tangerang,” pungkasnya.

Sementara itu, Deputi Statistik Sosial BPS RI, Ateng Hartono mengapresiasi Pemkot Tangerang atas program Desa Cantik di 104 Kelurahan Cinta Statistik.

“Pertama saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas peluncuran Kelurahan Cinta Statistik, karena yang sebelumnya hanya tiga kelurahan, kini menjadi 104 kelurahan, tentunya program ini merupakan langkah yang tepat untuk meningkatkan kualitas data di Indonesia,” paparnya.(ydh)

Komentar Anda

comments