2 Sekolah di Kota Tangerang Juarai Lomba Sekolah Sehat Provinsi Banten

Palapanews.com- Dua sekolah di Kota Tangerang yakni SDN Gondrong 7 berhasil menjadi juara pertama dan SMP Negeri 14 menjadi juara kedua lomba Sekolah Sehat tingkat Provinsi Banten.

Penghargaan langsung diserahkan PJ Gubernur Banten kepada Kepala SD Negeri Gondrong 7 dan SMP Negeri 14 dalam acara peringatan Hari Ulang Tahun Provinsi Banten ke 22.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang, Jamaluddin mengucapkan syukur atas prestasi yang dirain oleh kedua sekolah tersebut. “Ini merupakan prestasi yang luar biasa. Prestasi ini merupakan hasil dari kerja keras kepala sekolah bersama tim,” ucapnya, Rabu 19 Oktober 2022.

Selain itu, dirinya juga mengucapkan terima kasih kepada Dinas Kesehatan melalui Puskesmas dan Kecamatan Cipondoh yang rutin melakukan pembinaan.

“Ini adalah hasil dari kerja keras dan kerjasama semua pihak,” tambahnya.

Pria yang juga Ketua PGRI Kota Tangerang menerangkan, nantinya dua sekolah tersebut bakal mengikuti lomba Sekolah Sehat tingkat Nasional.

“Insyaallah dua-duanya nanti akan ikuti lomba Sekolah Sehat Nasional. Kita sedang persiapkan sejak sekarang,” ungkapnya.

Jamal mengungkapkan, ada beberapa poin yang menjadi perhatiannya agar memenuhi standar sekolah sehat nasional seperti kebersihan lingkungan, sanitasi yang memadai dan keberadaan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS). “Jadi peran pengurus UKS harus aktif dan juga dijaga kebersiahannya,” kata Jamal.

Sementara itu, Sudarti, Ketua Tim Sekolah Sehat SD Negeri Gondrong 7 menambahkan, selain memiliki lingkungan sekolah yang asri dan nyaman, sarana dan prasarana penunjang kesehatan di SD Negeri Gondrong 7 cukup memadai.

“Salah satunya dengan adanya keberadaan Usaha Kesehatan Sekolah beserta para Dokter Cilik,” ungkapnya.

Sudarti mengatakan, salah satu poin utama penilaian sekolah sehat adalah tentang keberadaan UKS. Menurutnya, UKS tidak bisa berdiri sendiri, harus ada tim atau kelompok siswa yang mengelolanya.

“Tim Dokcil di sekolah kami secara rutin mendapat pembinaan dari Puskesmas Cipondoh, mereka dilatih cara mengatasi dan merawat siswa yang sedang sakit saat berada di sekolah,” ungkapnya, Rabu, 17 Oktober 2022.

Selain itu, untuk menambah kepercayaan diri para Dokcil, tim Sekolah Sehat sekolah juga menyediakan seragam layaknya seorang dokter.

“Tetapi kami selalu melakukan pendampingan saat Dokcil bertugas, agar jika ada suatu kendala dapat langsung diambil tindakan lanjutan,” ucapnya.

Selain itu, setelah mampu menjadi juara kedua dalam ajang lomba Sekolah Sehat tingkat Provinsi Banten, SMP Negeri 14 Kota Tangerang terus melakukan pembenahan dibeberapa sektor.

Blewuk Nugraha selaku Kepala SMPN 14 Kota Tangerang mengatakan, pada penilaian sebelumnya, keberadaan jumlah sanitasi untuk siswa putri dinilai masih belum memadai.

Untuk saat ini, jumlah sanitasi untuk siswa putri terdapat 12 unit untuk sebanyak 400 lebih siswa. Jumlah tersebut dinilai masih kurang. Menurutnya, hal tersebut lantaran beberapa sanitasi yang berada di salah satu gedung tidak terpakai.

“Karena usia bangunannya sudah tua. Tetapi kami sudah mengajukan untuk dibangun kembali kepada Dinas Pendidikan Kota Tangerang,” ujarnya.

Meski demikian, ia optimis sebelum penilaian Sekolah Sehat Nasional nanti, beberapa poin kekurangan dapat diminimalisir.

“Tentu persiapannya harus lebih maksimal. Karena pesertanya juga jauh lebih banyak dari berbagai daerah se Indonesia,” singkatnya. (Adv)

Komentar Anda

comments