Seni Budaya Jawa dan Karawitan

banner 500x1200

Palapanews.com – Pentingnya Seni Budaya Jawa Karawitan dalam menyiapkan Pendidikan Profesional dalam menyajikan sebuah pengalaman ketrampilan yang berkualitas, yang nantinya akan membekali mahasiswa, dan calon pendidik seni khususnya di bidang karawitan, inilah pentingnya Budaya Lokal Daerah sebagai bekal Pendidik Profesional yang multitasking, Melalui Pendidikan seni sebagai untuk meningkatkan kemampuan kreatif ekspresif anak didik dalam mewujudkan kegiatan artistiknya berdasrkan aturan-aturan estetika tertentu.

Selain itu, pendidikan seni di SD bertujuan menciptakan cipta rasa keindahan dan kemampuan mengolah menghargai seni. Jadi melalui seni, kemampuan cipta, rasa dan karsa anak di olah dan dikembangkan. Selain mengolah cipta, rasa dan karsa seperti yang diterapkan di atas, pendidikan seni merupakan mengolah berbagai ketrampilan berpikir.

Hal tersebut meliputi ketrampilan kreatif, inovatif, dan kritis. Ketrampilan ini di olah melalui cara belajar induktif dan deduktif secara seimbang. Dunia anak adalah dunia bermain. Salah satu fungsi seni adalah sebagai media bermain. Oleh sebab itu, aktivitas berolah seni dapat dikembangkan melalui bermain. Melalui bermain kemampuan mencipta atau berkarya, bercita rasa estetis dan berapresiasi seni diperoleh secara menyenangkan.

Melalui kondisi yang menyenangkan seperti ini, anak akan mengulang setiap aktivitas belajarnya secara mandiri dan akan menjadi kebiasaan dan keinginan terhadap seni. Selamat Belajar Pendidikan Melalui Seni. (gpu/red)

Komentar Anda

comments