Sempat Banjir, Pemukiman hingga Lalu Lintas Kembali Normal

oleh -

Palapanews.com- Banjir yang merendam 17 titik di Kota Tangerang pada kemarin sore terpantau sudah surut, Rabu, 6 April 2022. Warga kembali beraktivitas normal dan bersama ratusan petugas tengah membersihkan sisa-sisa banjir di tempat tinggal hingga fasilitas umum.

Sebelumnya, hujan dengan intensitas tinggi dan waktu lama telah merendam 17 wilayah di Kota Tangerang. Mulai dari ketinggian 30 cm hingga tertinggi 100 cm di wilayah Taman Cibodas.

“Hasil pantauan PUPR bersama BPBD dan OPD lainnya, saat ini kondisinya sudah kembali normal dan dapat dilewati kendaraan. Seperti di Fly Over Tip Top Taman Cibodas lalu lintas sudah kembali normal dan lancar,” ungkap Kepala Dinas PUPR Kota Tangerang, Ruta Ireng Wicaksono.

Ruta menambahkan, dalam penanganan banjir semalam PUPR bersama BPBD, DLH, Satpol PP, Dishub dan Disbudparman berkolaborasi sesuai dengan tupoksinya masing-masing. Mulai dari memastikan aliran air tidak tersumbat sampah dalam hal ini pembersihan drainase. Fokus pada genangan yang terjadi di lalu lintas jalan utama karena mempengaruhi hambatan kendaraan.

“Sedangkan area dalam atau pemukiman bersama BPBD membantu evakuasi masyarakat. Atau menyebrangi mereka untuk menuju rumah karena jalurnya terputus banjir,” jelasnya.

Kata Ruta, PUPR juga menurunkan 15 mesin pompa mulai dari pompa alkon atau diesel, portabel hingga pompa gantung.

“Hingga saat ini petugas masih di lapangan membantu masyarakat melakukan pembersihan sisa-sisa banjir dan pengangkutan sampah banjir. Membantu pengeringan dan pembersihan sarana prasarana ibadah atau fasilitas umum lainnya,” kata Ruta.

Sementara itu, Ruta sempat menjelaskan kondisi banjir tertinggi karena hujan yang cukup lama yaitu di Taman Cibodas, hal ini dikarenakan aliran drainase tersumbat serta antrian air dengan volume yang terlalu banyak. Selain itu, wilayah sepanjang Kebon Nanas juga dikarena antrian air dengan volume yang tinggi.

“Wilayah Kebon Nanas sempat terjadi macet satu jam. Tapi hujan berhenti di pukul 19.00 WIB tak lama langsung surut, dan lalu lintas berangsung lancar. Dengan ini, kami pun mengimbau masyarakat untuk ambil peran untuk tidak membuang sampah sembarangan dan peduli akan kebersihan lingkungan,” imbuhnya.(ydh)

Komentar Anda

comments

No More Posts Available.

No more pages to load.