Tertarik dengan Data Science? Ini Dia Profesi Cemerlang untuk Kamu Versi DQLab UMN

oleh -
banner 300250

Palapanews.com – Kemajuan teknologi memiliki dampak, baik dari segi positif dan negatif. Dari segi positif, terlahir beberapa profesi baru yang berkaitan dengan teknologi dan data. Namun dari segi negatif, kebutuhan akan tenaga kerja manusia akan tergantikan dengan mesin untuk beberapa bidang pekerjaan

Menurut survei yang dilakukan oleh WEF pada tahun 2020, terdapat sepuluh jenis profesi yang akan bersinar pada tahun 2025. Profesinya antara lain; Data Analyst, Data Scientist, spesialis AI dan machine learning, spesialis big data, spesialis digital marketing dan strategi, spesialis otomatisasi proses, spesialis pengembangan bisnis, spesialis transformasi digital, analis keamanan informasi, pengembang software dan aplikasi, dan spesialis internet of things.

Pada artikel kali ini, DQLab akan membahas mengenai Data Analyst, salah satu profesi yang menjadi idaman masyarakat masa kini.

1. Pengertian Data Analyst
Data Analyst berkaitan erat dengan segala bentuk informasi yang berupa angka, teks, gambar, dan lainnya. Definisi Data Analyst secara lengkap merupakan orang yang pekerjaannya berhubungan dengan segala jenis data dan bertanggung jawab untuk menerjemahkan data sehingga dapat diolah dan dijadikan laporan untuk proses manajemen dan pengolahan data perusahaan.

Data Analyst dapat dipahami juga sebagai orang yang bertugas untuk menganalisis data demi keuntungan dan kredibilitas suatu perusahaan atau organisasi. Kebutuhan akan profesi Data Analyst terus meningkat seiring bertambahnya tahun. Jabatan paling awal untuk profesi ini adalah analis data dan jabatan tertingginya adalah analis data senior.

Baca juga : Belajar Excel untuk Profesi Data Scientist Versi DQLab UMN

2. Peran Data Analyst
Dibandingkan dengan profesi data lainnya, yaitu Data Scientist, Data Analyst tidak terlalu mengerjakan hal-hal berbau teknis. Namun apabila kalian para calon Data Analyst memiliki skill tersebut, akan sangat bagus untuk karir kalian kedepannya. Setelah membahas mengenai definisi, mari kita beralih ke pekerjaan atau tugas seorang Data Analyst :
– Menganalisis berbagai macam data yang telah disaring untuk bahan pengambilan keputusan perusahaan.
– Membaca arah bisnis dengan menganalisis setiap permasalahan.
– Menafsirkan data dengan baik dan terperinci.
– Bekerja sama dengan tim manajemen untuk kebutuhan bisnis.
– Berkomunikasi dengan berbagai divisi atau tim terkait.
– Memvisualisasikan data dan menyajikannya kepada pemangku kepentingan.

3. Skill yang Diperlukan Calon Data Analyst
Dengan pembahasan mengenai pekerjaan atau tanggung jawab Data Analyst, tentunya kalian sudah bisa sedikit mengetahui skill atau keahlian dasar apa saja yang diperlukan oleh calon Data Analyst. Terdapat empat skill dasar yang perlu dimiliki calon Data Analyst, yakni sebagai berikut :
– Pemahaman akan bahasa pemrograman SQL.
– Pemahaman akan konsep statistik dan matematika.
– Kemampuan untuk memvisualisasikan data dalam bentuk grafik dan visual.
– Dapat menggunakan machine learning.

4. Fungsi Data Analyst
Profesi Data Analyst tidak hanya dibutuhkan dalam ranah statistik atau teknologi, namun profesi tersebut juga sangat dibutuhkan oleh setiap instansi, contohnya seperti instansi perbankan, kesehatan, asuransi, dan masih banyak lagi.

Hal tersebut dikarenakan setiap perusahaan atau instansi memerlukan pekerja yang dapat mengolah dan mengelola data yang mereka miliki untuk semakin memajukan dan mengembangkan perusahaan mereka.

Khususnya dalam bidang bisnis, profesi Data Analyst sangat berguna untuk pengambilan keputusan dan kemajuan suatu perusahaan. Kemampuan Data Analyst dalam memecahkan masalah dan menyajikan data kepada pemangku kepentingan untuk menjawab pertanyaan seputar bisnis sangat membantu. Secara tidak langsung, Data Analyst dapat dikatakan juga sebagai penasihat perusahaan.

Baca juga : Kuasai Ilmu Data Science dengan 4 Langkah Mudah Bersama DQLab UMN

5. Mulai Belajar Seputar Data Analyst Bersama DQLab UMN

Apabila kalian tertarik untuk menjadi Data Analyst, kalian memerlukan tempat belajar atau kursus data yang sudah terbukti akan kualitasnya. DQLab dapat kalian jadikan tempat belajar, selain materi pembelajaran yang diberikan dan pengajar berpengalaman, kalian bisa mengembangkan portofolio agar ketika selesai masa belajar, kalian bisa langsung melamar ke perusahaan yang menjadi incaran kalian.

Cara untuk belajar bersama DQLab mudah sekali, kalian cukup sign up di DQLab.id, lalu kalian bisa langsung mengerjakan module gratis ‘Introduction Data Science with Python and R’ sebagai materi pertama kalian. Ayo, jadi ahli data bersama DQLab.id! (red)

Komentar Anda

comments

No More Posts Available.

No more pages to load.