Kuasai Ilmu Data Science dengan 4 Langkah Mudah Bersama DQLab UMN

oleh -
banner 300250

Palapanews.com – Semakin berkembangnya zaman, tentu kita juga perlu berkembang agar dapat menyesuaikan diri. Perkembangan yang terjadi berdampak pada beberapa hal, seperti beberapa profesi pekerjaan yang tidak diperlukan lagi, kemudahan dalam menjalani kegiatan sehari-hari, kemunculan beberapa profesi baru, dan masih banyak lagi.

Seperti yang tertera pada judul, Data Science merupakan suatu ilmu yang baru-baru ini menarik minat masyarakat untuk mempelajarinya. Dari ilmu Data Science, banyak terlahir beberapa profesi yang menjadi incaran perusahaan-perusahaan. Oleh karena itu, DQLab akan memberikan tips dan trik yang dapat kalian cermati untuk menguasai Data Science.

1. Daftarkan Diri ke Kursus Data
Pertama-tama, kalian tentu perlu mengetahui definisi Data Science terlebih dahulu dan seperti apa prospek kerja yang ditawarkannya. Data Science adalah suatu disiplin ilmu penggabungan antara matematika, statistika, dan ilmu komputer. Tujuan dari ilmu tersebut adalah menganalisa data untuk menemukan suatu pola yang dapat digunakan untuk strategi bisnis selanjutnya. Prospek kerja yang ditawarkan juga bermacam-macam, kalian bisa menjadi Data Analyst, Data Scientist, Data Engineer, Business Analyst, dan Developer.

Setelah mengetahui seputar Data Science, kalian dapat mencari tempat belajar. Sebenarnya, untuk belajar Data Science dapat dilakukan secara otodidak dengan menonton video di Youtube atau mengonsumsi materi seputar Data Science di blog atau website. Namun agar kalian bisa mempelajari Data Science dengan lebih tuntas dan lengkap, lebih disarankan untuk mengikuti kursus.

Baca juga: Bingung Belajar Data Science Dimana? DQLab Jawabannya!

2. Miliki dan Kembangkan Skill Data Science
Dalam menguasai Data Science kalian perlu memiliki beberapa skill, baik itu soft dan hard skill. Keahlian tersebut yang dapat mendukung pekerjaan kalian nantinya saat menjadi salah satu profesi turunan Data Science. Skill pertama adalah bahasa pemrograman, karena dalam bidang Data, skill tersebut sangat diperlukan untuk mengembangkan software machine learning yang menjadi tanggung jawab profesi Data Science.

Skill kedua adalah penguasaan dalam ilmu statistika, kalkulus, dan aljabar. Pengolahan data yang dilakukan tentunya menggunakan aplikasi pengolah data, oleh karena itu agar lebih memudahkan dan mempersingkat waktu, kalian perlu menguasai skill tersebut. Skill terakhir adalah komunikasi dan visualisasi data, tentunya komunikasi perlu kalian miliki dengan baik agar kerjasama antar tim dapat berjalan dengan baik. Untuk visualisasi data juga diperlukan karena tidak semua orang termasuk para pemangku kepentingan perusahaan mengerti cara membaca data dan pola yang ditemukan.

3. Mengikuti Komunitas Khusus Data
Industri data bukanlah suatu hal yang mudah untuk dijalani, kalian perlu belajar dan terus memperbanyak pengetahuan seputar Data Science. Salah satu cara agar kalian bisa semakin mematangkan diri untuk memasuki industri data adalah mengikuti komunitas yang berfokus pada Data Science. Di Indonesia, sudah banyak tersedia komunitas data, contohnya seperti DQLab.

Selain memiliki komunitas, DQLab juga menyediakan tempat kursus yang dapat kalian ikuti. Dengan mengikuti komunitas, kalian dapat memperbanyak pengetahuan dari teman satu komunitas yang sudah bekerja dalam industri data. Selain itu juga kalian dapat berkegiatan seperti riset, kompetisi, seminar, dan kegiatan lainnya untuk perkembangan skill Data Science kalian.

4. Pengalaman Kerja dalam Bidang Data
Dengan belajar dan memiliki skill Data Science, kalian perlu mencoba menerapkan yang kalian miliki untuk bekerja secara nyata. Kalian bisa memulai dengan magang atau freelance, dengan begitu kalian dapat mengasah kemampuan Data Science kalian. Bagi pemula yang baru ingin memasuki industri data, langkah ini sangat tepat untuk diterapkan.

Selain mengasah kemampuan, dengan bekerja langsung di perusahaan tentunya dapat menguntungkan kalian dalam menambah riwayat pengalaman di CV. Hal tersebut dapat menarik perhatian tim rekrutmen ketika kalian sudah siap untuk langsung bekerja secara full time di suatu perusahaan nantinya.

Baca juga: Belajar Data Science Gratis di DQLab UMN

  1. Kembangkan Skill Data Science dengan DQLab

Pengembangan skill dan kemampuan perlu kalian lakukan dengan media yang tepat, kalian dapat memilih DQLab sebagai tempat tersebut. Selain bisa mendapatkan materi pembelajaran dan sertifikat, kalian bisa mendapatkan pengalaman dari pengajar yang merupakan praktisi data yang tentunya sudah berpengalaman. Bagaimana? Tentu kalian tertarik bukan? Kalian bisa langsung sign up di DQLab.id, kemudian kalian bisa langsung mendapatkan module gratis ‘Introduction Data Science with Python and R’ untuk kalian kerjakan sebagai materi belajar pertama kalian di DQLab.id. Ayo, jadikan DQLab sebagai tempat berkembang kalian! (red)

 

 

Komentar Anda

comments

No More Posts Available.

No more pages to load.