Bingung Belajar Data Science Dimana? DQLab Jawabannya!

oleh -

Palapanews.com – Mempelajari hal baru merupakan suatu keuntungan, baik untuk diri sendiri maupun lingkungan sekitar kita. Banyak manfaat yang bisa didapat dengan belajar suatu hal baru yang berkaitan dengan teknologi atau tren masa kini. Salah satu yang dapat kalian pelajari pada masa kini adalah Data Science.

Pada masa yang hampir seluruh kegiatan dilakukan secara online, tentunya memerlukan ahli yang dapat membaca informasi dalam bentuk data. Selain itu juga diperlukan ahli yang mengerti teknologi dan dapat mengembangkannya menjadi suatu hal yang berguna untuk tempat bekerja ataupun diri sendiri. Oleh karena itu, mari kita bahas hal-hal seputar Data Science dan tempat yang tepat untuk belajar.

1. Pengertian Data Science

Mungkin banyak yang menyamakan antara Data Science dan Data Scientist, namun yang perlu kalian ketahui adalah Data Scientist merupakan profesi turunan dari Data Science yang menjadi ilmu dasar profesi tersebut. Profesi Data Scientist sendiri sudah semakin banyak dijalankan oleh masyarakat di Indonesia.

Secara harfiah, Data Science merupakan ilmu penggabungan dari matematika, ilmu komputer, dan statistika. Tujuan dari Data Science adalah menganalisis kumpulan data, baik yang berskala kecil maupun besar untuk kemudian mendapatkan pola tertentu yang nantinya akan digunakan untuk pengambilan keputusan perusahaan atau organisasi.

Baca juga: Belajar Data Science Gratis di DQLab UMN

2. Prospek Karir Data Science

Seperti yang sempat disampaikan sebelumnya bahwa salah satu profesi turunan bagi kalian yang ingin mempelajari Data Science adalah Data Scientist. Namun tidak hanya itu saja, ada profesi-profesi lainnya, seperti Data Analyst, Data Engineer, Business Analyst, dan masih banyak lagi profesi lainnya.

Dari beberapa profesi tersebut, yang menjadi sorotan dan kebutuhan banyak perusahaan saat ini ada tiga profesi, yaitu Data Analyst, Data Scientist, dan Data Engineer. Ketiga profesi tersebut sedang banyak dibutuhkan saat ini dikarenakan sumber daya manusia yang kurang mencukupi dibanding dengan kebutuhan, selain itu juga dapat dipastikan pendapatan yang kalian dapat sesuai dengan kebutuhan yang tinggi.

3. Skill Dasar Data Science

Menjadi salah satu dari ketiga profesi tersebut, kalian perlu memiliki Data Science sebagai dasar pekerjaan kalian. Dalam Data Science sendiri terdapat beberapa skill atau keahlian dasar yang perlu kalian kuasai agar pencari kerja semakin tertarik untuk merekrut kalian atau bahkan kalian yang dicari oleh perusahaan.

Skill-skillnya adalah bahasa pemrograman Python dan R, statistika, pengolahan data, manajemen data, pengetahuan seputar bisnis, kerja sama tim, kemampuan berkomunikasi yang baik, dan masih banyak lagi. Beberapa skill tersebut masih memiliki skill turunan yang perlu kalian pelajari apabila kalian ingin menjadi calon profesi data.

Baca juga: DQLab-Kementerian Komunikasi dan Informatika Berikan Beasiswa GRATIS Bagi Calon Talenta Data

4. Program Belajar DQLab UMN

Belajar Data Science dapat kalian lakukan dengan berbagai cara, seperti otodidak dengan menonton Youtube atau membaca materi dari website-website tentang Data Science. Selain itu kalian juga dapat belajar dengan kursus yang sekarang semakin tersedia dalam jumlah banyak, dengan kursus juga kalian bisa mendapatkan materi secara lengkap sekaligus sertifikat.

Salah satu tempat kursus yang dapat kalian masuki adalah DQLab, tempat tersebut merupakan kursus berbasis e-learning atau online yang didirikan oleh Universitas Multimedia Nusantara dan Xeratic. Banyak program yang bisa kalian dapatkan dari mendaftar menjadi anggota DQLab, mulai dari program belajar gratis, beasiswa, dan masih banyak lagi.

5. Mulai Masa Belajar Kalian Bersama DQLab UMN!

Masih banyak program bervariasi dari DQLab yang bisa kalian dapatkan, kalian cukup sign up di DQLab.id, kemudian kalian bisa mengerjakan module gratis ‘Introduction Data Science with Python and R’ sebagai salah satu keuntungan yang kalian dapatkan. Belajar dengan DQLab tidak hanya mendapatkan ilmu, tetapi kalian juga bisa mendapatkan pengalaman dari praktisi data yang akan mengajar kalian nantinya. Yuk, cepat mulai program belajar kalian dengan DQLab.id! (red)

Komentar Anda

comments

No More Posts Available.

No more pages to load.