3 Tips Belajar Data Science Bersama DQLab UMN

oleh -

Palapanews.com – DQLab merupakan platform belajar online yang didirikan oleh Universitas Multimedia Nusantara (UMN) pada tahun 2018 bersama dengan Xeratic. Tujuan utama pendirian platform ini adalah untuk mempersiapkan individu-individu yang ingin berkarir di bidang data. Terdapat juga beberapa program di DQLab yang dapat membantu kalian untuk belajar secara intensif dan berkelanjutan.

Salah satunya adalah program beasiswa, dalam program ini terdapat dua jenis, yaitu Bootcamp dan beasiswa dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Kedua program ini memiliki persyaratan yang perlu kalian taati jika kalian akan mengikuti salah satunya, namun untuk pembelajaran dan materi yang diberikan tidak jauh berbeda. Sebelum kita berlanjut lebih jauh, mari kenali terlebih dahulu Data Science!

  1. Belajar Data Science Bisa Menjadi Apa?

Data Science sendiri merupakan ilmu mengenai suatu metode komputasi yang dilakukan untuk mendapatkan pengetahuan berharga yang dapat ditindaklanjuti dari sebuah kumpulan data. Terdapat tiga fase dari kumpulan data ini, yaitu desain, mengumpulkan, dan analisis data. Dengan begitu dapat disimpulkan secara kasar, pekerjaan seseorang yang mendalami Data Science akan mengerjakan tiga fase tersebut.

Dari Data Science, kalian bisa menjadi beberapa profesi, contohnya adalah Data Scientist, Data Analyst, dan Data Engineer. Ketiga profesi ini merupakan profesi yang sedang bersinar dalam pencarian lowongan di bidang data. Menurut sebuah survei, kebutuhan akan profesi-profesi tersebut akan semakin melonjak secara signifikan dalam beberapa tahun ke depan.

  1. Pengertian Data Scientist, Data Analyst, dan Data Engineer

Sebelum kalian memutuskan akan menjadi apa, akan lebih baik apabila kalian mengetahui seperti apa definisi dan pekerjaan ketiga profesi tersebut. Mari kita mulai dari Data Scientist, profesi ini berkembang seiring dengan berkembangnya big data, dan apabila kalian bekerja menjadi seorang Data Scientist, maka kalian akan fokus dalam melakukan penarikan hasil analisa dan bereksperimen dengan hasil tersebut agar menjadi sebuah data yang dapat digunakan untuk memberikan saran atau masukan dalam sebuah strategi.

Berlanjut ke Data Analyst, pekerjaan ini tidak jauh berbeda dengan Data Scientist, apabila kalian memilih untuk berprofesi sebagai Data Analyst, maka kalian akan bertanggung jawab dalam mengolah data yang nantinya akan dijadikan bahan eksperimen dan menentukan strategi bisnis selanjutnya. Banyak yang mengenal Data Analyst sebagai Data Scientist Junior, oleh karena itu tidak sedikit juga yang berpindah haluan langsung menjadi Data Scientist saja.

Yang terakhir akan dibahas adalah Data Engineer, profesi ini bertugas untuk mengembangkan dan membuat desain manajemen data yang kemudian mengawasi infrastruktur dalam sebuah perusahaan. Infrastruktur yang dimaksud berupa basis data atau database, pipeline, dan warehouse.

  1. Skill yang Perlu Dimiliki Ketiga Profesi Tersebut

Untuk Data Scientist sendiri perlu bisa menggunakan program seperti Excel dan SQL, berkemampuan analisis dan statistik, dapat berkomunikasi dengan baik, memiliki pemahaman akan machine learning, data mining, dan deep learning. Selain itu juga perlu memahami bahasa pemrograman seperti Python, SQL, Java, dan lainnya. Sedangkan untuk Data Analyst, kalian perlu dapat menggunakan software seperti Excel, Google Analytics, Tableau, dan SQL. Karena Data Analyst juga bertugas menentukan strategi bisnis lanjutan, kalian perlu menguasai bisnis dan dapat membuat laporan serta tools pembuat infografik yang menarik.

Dan terakhir adalah Data Engineer, untuk profesi ini skill yang dimiliki akan lebih ke arah teknis atau hard skill, hal ini dikarenakan pekerjaannya yang bersangkutan dengan manajemen data suatu perusahaan. Seorang Data Engineer perlu piawai dalam menggunakan program seperti Hadoop, NoSQL, dan Python. Selain itu juga, perlu dapat menguasai SQL, Databases, Data Warehouse, ETL Tools, Pipeline, basic programming, dan shell script.

  1. Platform Apa yang Cocok Untuk Belajar Data Science?

Banyak platform yang bisa kalian digunakan untuk belajar Data Science, apabila kalian ingin belajar secara otodidak maka kalian bisa menggunakan platform seperti Youtube dan website. Namun, akan lebih baik apabila pembelajaran yang kalian tekuni dapat dipelajari hingga tuntas dan memberikan manfaat lain. Oleh karena itu, sangat diperlukan kursus online seperti DQLab, selain membantu kalian dalam mempelajari materi. Dengan mengikuti program kursus dari DQLab.id, kalian bisa mendapatkan banyak manfaat seperti sertifikat dan program beasiswa.

  1. Mulai Karirmu Bersama DQLab!

Setelah pembahasan mengenai tiga profesi yang bersinar dalam bidang data, kalian diharapkan dapat semakin paham dan dapat menentukan profesi mana yang akan kalian tekuni. Hal ini tentunya dapat kalian lakukan bersama dengan DQLab.id, disini kalian bisa mempersiapkan diri untuk berkarir di bidang data, membangun portofolio yang menarik hingga menjalin networking dengan sesama calon praktisi ataupun praktisi yang sudah lebih dulu berkarir. Yuk, daftarkan dirimu di DQLab! (red)

Komentar Anda

comments

No More Posts Available.

No more pages to load.