Peduli, Katar Bencongan Aksi Kampanye 3 M Cegah Covid-19

oleh -
banner 300250

Palapanews.com – Baru terbentuk belum lama ini, Karang Taruna (Katar) Kelurahan Bencongan, Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, langsung tancap gas dengan menggelar kegiatan sosial Kampanye 3 M dalam upaya memutus mata rantai Pandemic Covid-19.

Kegiatan Katar yang bernama Karang Taruna Dipta Widya Aruna  berlangsung pada Sabtu 26 September 2020 diawali dengan bincang-bincang seputar Covid-19 di kawasan Taman Jati Hijau Perumnas II, Bencongan.

Acara diikuti berbagai stake holder seperti pengurus Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Bencongan, Ketua Katar Bencongan, juga Tiga Pilar dari unsur Kelurahan Bencongan, Babinsa dan Binamas.

Aksi dilanjutkan dengan mengkampanyekan 3 M yakni memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak yang berlangsung di Perempatan Mitra Jalan Borobudur Raya, Perumnas. Ada teatrikal dimana sejumlah masa menggotong peti mati, dan sejumlah lainnya mengenakan APD (alat pelindung diri) diikuti mobil Ambulance.

Selain membagi-bagikan masker dan hand sanitizer kepada para pengguna jalan yang melintas, ada juga razia kepada warga yang tidak mengenakan masker. Mereka disanksi mengucapkan Pancasila dan akhirnya dibagi masker dan hand sanitizer.

Ketua Katar Kelurahan Bencongan Haris Swaryono mengutarakan bahwa kegiatan ini sebagai peran pemuda untuk bersatu melawan Covid-19. Untuk tahun ini, mengangkat tema Pemuda Bergerak Bersatu Peduli Melawan Covid-19 untuk Indonesia Sehat.

“Acara hari ini, pertama seremonial, kemudian aksi teatrikal di jalan. Jadi kita gebrak masker di jalan, membagikan sekitar 200 lebih masker dan hand sanitizer. Aksi Teatrikal  untuk mengingatkan masyarakat untuk 3M yaitu; pake masker, cuci tangan, dan menjaga jarak,” beber Haris.

Razia warga yang tidak pakai masker

“Kita ingin membantu pemerintah untuk bersama sama mengingatkan masyarakat tentang protokoler kesehatan, tentang bahwa pentingnya kita bersatu melawan Covid-19. Jadi dalam rangka HUT ke-60 Karang Taruna ini, kita mengangkat tema yaitu melawan Covid-19,” tegas Haris lagi.

Di kesempatan yang sama, Lurah Bencongan Deni Septiawan sangat mengapresiasi kegiatan Karang Taruna Dipta Widya Aruna  ini. Kata dia, selain dari kelurahan, support juga dari LPM Kelurahan Bencongan, Forum RW, Babinsa, Binamas,  juga dari Katar RW se-Kelurahan Bencongan.

“Ini bagus sekali kegiataannya membagikan masker, nah ini salah satu bentuk pencegahan covid-19, yang kita ketahui memang di Kelapa Dua khususnya Bencongan ini, di bulan ini kita ada peningkatan,” ungkap Lurah Deni.

Makanya, lanjut Deni, dalam acara ini juga mengudang Ketua RW, tokoh masyaralat, PKK, komunitas ojeg online, pokdar, untuk bareng bareng, bersama-sama berkomitmen untuk mencegah penularan Cobid-19 ini.

Baca juga: Ini, Aksi Katar Tingkat RW Pakbar Cegah Pandemi Covid-19

“Kita membagikan masker, mengedukasi masyarakat yang masih belum sadar yang tidak pakai masker, nanti kita akan berikan.

Kita memberikan support, memberikan dukungan agar karang taruna yang terbentuk ini, tidak seperti tahun-tahun yang kemaren, yang tertidur. Ini, Alhamdulillah dengan bantuan kita semua, dukungan dari semua unsur, mereka tergerak, salah satunya adanya kegiatan pembagain masker ini,” bebernya.

Lurah Deni mengungkapkan bahwa setelah ini, akan ada program lagi sampai ke tingkat RT-RW, ada program lagi sampai menyentuh ke level paling bawah dan akan diagendakan. “Karena memang sekarang  lagi ada peningkatan kasus covid-19, jadi kita lebih ke pembagian masker,” tutup Deni. (bd)

Komentar Anda

comments