Masuk Zona Merah, Pemkot Tangerang Gelar Rapid Tes di Kecamatan Batu Ceper

oleh -

Palapanews.com- Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melakukan skrining dalam upaya pencegahan penyebaran covid-19 di zona merah saat penerapan pembatasan sosial berskala lokal (PSBL).

Upaya itu dilakukan dengan menggelar rapid tes di zona merah seperti di Batuceper, Kota Tangerang.

Camat Batuceper, Rahmat Hendra Wijaya mengatakan, rapid tes tersebut digelar diperuntukan bagi 40 kepala keluarga (KK) di RT03 RW04 yang menjadi zona merah. Adapun tujuannya yakni mendeteksi penyebaran covid-19 sehingga bisa memilah jika ada warga yang terpapar.

“Kegiatan ini sesuai instruksi pemerintah, harapan kami tentu agar pencegahan penyebaran covid-19 bisa terdeteksi dengan tuntas dan warga bisa terhindar dari paparan,” ujarnya, Jumat, 19 Juni 2020.

Kepala Puskesmas Batuceper, Iradani Yupitaningrum menambahkan, pihaknya menurukan sekitar 10 personel yang ditugaskan melakukan rapid tes serta penyuluhan kepada warga di zona merah. Selain itu warga yang telah ikut rapid didata secara daring dan terhimpun di Gugus Tugas Covid-19 Kota Tangerang.

Penyuluhan dilakukan dengan menginformasikan pentingnya warga menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan dianjurkan menjaga imun tubuh dengan berolahraga serta minum vitamin.

“Kami anjurkan agar warga menerapkan protokol kesehatan dengan disiplin dan mandiri, tak lupa agar rajin minum vitamin,” jelas Iradani.

Sumini, salah seorang warga yang hadir dalam rapid tes, mengaku berterimakasih kepada pemerintah karena aktif dalam membatasi ruang gerak penyebaran covid-19.

“Kami sebagai warga di zona merah akan terus disiplin menerapkan protokol kesehatan, dengan adanya rapid tes ini tentu kami harapkan bisa memilah agar jika ada warga yang terpapar bisa segera diobati dan yang sehat bisa menjaga imunitas,” kata Sumini.(rik)

Komentar Anda

comments