Soal Karantina Wilayah, Bupati Tangerang Tunggu Arahan Pusat

oleh -

Palapanews.com- Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar menegaskan tidak akan ambil kebijakan yang menyimpang dari arahan pemerintah pusat. Termasuk mengambil langkah melakukan karantina wilayah atau lockdown untuk memutus rantai wabah virus corona atau covid-19.

“Enggak ada karantina, lebih baik ikut himbauan pemerintah pusat untuk jaga jarak dan diam di rumah,” ujarnya, Selasa, 31 Maret 2020.

Zaki menuturkan, banyak pertimbangan mengapa Kabupaten Tangerang belum melakukan langkah pembatasan orang keluar masuk wilayah itu. Pertimbangan pertama, lanjutnya, jumlah penduduk Kabupaten Tangerang yang saat ini mencapai 4 juta jiwa dan padatnya pemukiman tidak memungkinkan karantina wilayah diterapkan.

“Kedua, letak geografis Kabupaten Tangerang yang luas dan berbatasan dengan berbagai daerah lainnya menyulitkan lockdown dilakukan. Begitu juga dengan faktor sosial dan ekonomi menjadi pertimbangan tidak melakukan karantina wilayah,” katanya.

Zaki mengatakan, saat ini pihaknya gencar mengimbau agar masyarakat untuk tetap belajar, bekerja dan beribadah di rumah. Selain itu, Pemerinta Kabupaten (Pemkab) Tangerang bekerjasama dengan TNI-Polri dalam menerapkan larangan keramaian, berkumpul di masyarakat.

“Dan kami gencar melakukan penyemprotan disinfektan area-area publik seperti jalan, pasar tradisonal, gedung pemerintahan setiap 2-3 hari,” jelasnya.

Zaki pun mendukung kebijakan darurat sipil dari pemerintah pusat untuk memutus rantai wabah virus corona ini. “Selama keputusan pemerintah pusat, saya dukung,” ujarnya.(rik)

Komentar Anda

comments