Galeries Lafayette – BRI Hadirkan Batik Sustainable

oleh -

Palapanews.com – Sebagai salah satu warisan tradisi dan budaya Indonesia, batik merupakan salah satu jenis kain nasional yang paling popular diantara kalangan pecinta mode Indonesia.

Dengan beragam motif dan warna yang menarik, tidak heran jika para desainer dan brands Indonesia maupun internasional makin giat menggunakan batik sebagai material dari rancangannya.

Dalam menyambut Hari Batik Nasional yang diperingati setiap 2 Oktober, pada Rabu, 25 September 2019, Galeries Lafayette dan mitra perbankan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau Bank BRI, menggelar pagelaran trunk show dengan titel Sustainable Batik Day yang diadakan di lantai 1 Galeries Lafayette, Pacific Place, SCBD.

Galeries Lafayette menggandeng brands batik ternama yaitu NES, Aruna, Galeri Batik Jawa, dan Jaga Wastra yang turut meluncurkan koleksi ragam busana yang di produksi secara sustainable.

Sustainable Batik sendiri merupakan upaya dan inovasi dari para pengrajin batik untuk melakukan proses membatik ramah lingkungan dengan mengurangi sampah organik dan non-organik dengan tidak membuang sisa-sisa hasil produksi, namun diolah menjadi hal-hal lain seperti aksesoris, tas, tatakan gelas maupun hal lainnya.

NES mengeluarkan seri Batik Baik yang tidak hanya melalui tahap produksi dan menggunakan material dari bahan daur ulang dan ramah lingkungan seperti gunnysack, cardboard, plywood untuk membuat batik stamp dan proses pewarnaan natural.

Koleksi ini juga dikerjakan oleh para pengrajin lokal sehingga tidak hanya sustainable terhadap lingkungan hidup, namun juga terhadap masyarakat dan sumber daya manusia. Brands aksesori yang juga terkenal akan sustainability culture-nya, Ella & Glo dan Jinjit Pot.

“Sebagai pusat retail-tainment di Indonesia, kami selalu memberikan pengalaman berbelanja dan koleksi yang unik bagi para pecinta mode Indonesia. Banyak hal yang dapat di explore dari Batik, selain sebagai warisan budaya, batik juga berkembang menjadi suatu komoditas yang dicari dalam scene fashion modern,” ungkap Arnolda Ratnawati Sidarta, Marketing Direktur PT Panen Lestari Internusa. (rls/bd)

Komentar Anda

comments