IKEI Gelar Sertifikasi Kompetensi HVAC Bagi Member

oleh -
Peserta Sertifikasi Kompetensi HVAC. foto : ist

Palapanews.com – Ikatan Engineers Indonesia (IKEI) menggelar Sertifikasi Kompetensi HVAC guna meningkatkan daya saing para engineer yang tergabung dalam organisasi profesi IKEI.

Event gebrakan pertama kali yang dilaksanakan oleh IKEI bekerja sama dengan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) ini, berlangsung Sabtu, 24 Agustus 2019 bertempat di Soll Marina Hotel Serpong, Tangerang Selatan, Banten.

Sedikitnya 50 orang peserta atusias ambil bagian dalam uji kompetensi sebagai sarana mendapatkan sertifikat keahlian, yang merupakan salah satu program dari IKEI bagi para membernya. Sebagaimana tuntutan era persaingan global bidang tenaga kerja.

Ketua IKEI Agus Salim menyaksikan uji praktek. foto :ist

Menurut Ketua IKEI Agus Salim peserta kali merupakan para tenaga engineer dari berbagai perusahaan seperti tenaga engineer hotel, rumah sakit dan mall. Sedangkan sebagai assessor-nya adalah petugas yang ditunjuk oleh BNSP dimana di BSP ada Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP).Ujian yang diberikan terdiri dari dua kategori yakni ujian tulis dan praktek.

“Kebetulan ini, kan lagi dapat program dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi untuk sertifikasi gratis. Jadi mereka tidak perlu membayar untuk sertifikatnya,” ungkap Agus saat ditemui palapanews.com usai acara.

Pentingnya sertifikasi karyawan, lanjut Agus, salah satunya misalkan dalam hal perizinan perusahan salah satu syarat perizinan adalah karyawannya harus sudah bersertifikat. Contoh hotel untuk meningkatkan level dari hotel bintang tiga ke bintang empat itu karyawannya harus bersertifikat.

“Sertifikat akan diberikan kepada peserta yang lulus dan berlaku selama tiga tahun. Bagi mereka yang tidak lulus bisa ikut mengulang,” jelas Agus.

Rencana ke depannya, lanjut Agus, akan ada pengembangan program pelatihan-pelatihan dari IKEI bagi para member yang saat ini jumlahnya sudah mencapai sekitar 1500 orang. Anggota tersebar di sejumlah provinsi di Indonesia. (bd)

Komentar Anda

comments