Manfaat Minum Air Kelapa Setelah Olahraga

oleh -
Ilustrasi. Foto: Hellosehat.com

Palapanews.com- Air kelapa memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Sebagai air yang kaya nutrisi, air kelapa bisa diminum kapan pun. Termasuk saat olahraga dan setelahnya. Namun, kira-kira adakah manfaat minum air kelapa selama dan setelah olahraga? Berikut ulasannya.

Air kelapa dikenal sebagai minuman olahraga alami yang sangat baik untuk kesehatan. Tanpa perlu gula tambahan dan pewarna, air kelapa sudah sangat enak dan menyegarkan untuk diminum. Jika diminum selama dan setelah berolahraga, air kelapa memiliki berbagai manfaat seperti:

Mengembalikan cairan tubuh yang hilang

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Physiological Anthropology and Applied Human Science menyatakan, minum air kelapa setelah olahraga membantu mengisi kembali cairan tubuh yang hilang. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari dehidrasi yang bisa membahayakan tubuh.

Namun, air kelapa tidak memiliki kandungan natrium dan elektrolit sebanyak minuman olahraga buatan. Oleh karena itu, Anda bisa menambahkan minuman olahraga lain jika melakukan olahraga berat.

Menjaga tubuh tetap berenergi

Air kelapa mengandung karbohidrat yang mudah dicerna dalam bentuk gula alami. Oleh karenanya, minuman yang satu ini bisa menjaga energi dalam tubuh dan daya tahan otot saat berolahraga.

Akan tetapi kandungan karbohidrat di dalamnya lebih sedikit dibandingkan dengan minuman olahraga yang bisa memberi energi lebih.

Jika Anda olahraga dalam waktu lama sekitar lebih dari 90 menit, tubuh tidak memiliki cukup energi jika hanya minum air kelapa. Untuk memberi energi tambahan, Anda bisa mengonsumsi camilan kaya protein termasuk salah satunya yang berbahan dasar kedelai.

Mengandung kalium dan magnesium

Air kelapa mengandung zat gizi mikro, kalium dan magnesium, yang biasanya hilang dari tubuh saat berolahraga. Kalium membantu menjaga kontraksi otot, hubungan sistem saraf, dan fungsi jantung agar tetap normal. Dalam secangkir air kelapa, terkandung sekitar 600 mg kalium yang dibutuhkan tubuh.

Sementara magnesium merupakan zat gizi mikro yang berguna untuk mengatur fungsi otot dan saraf. Dalam secangkir air kelapa, terkandung sekitar 60 mg magnesium di dalamnya. Dengan minum air kelapa selama dan setelah olahraga, kedua zat gizi ini bisa terisi kembali sehingga tubuh tetap dapat berfungsi dengan baik.

Tak perlu menambahkan gula pada air kelapa

Untuk memaksimalkan hidrasi tubuh saat dan setelah olahraga, tak perlu menambahkan gula saat minum air kelapa. Menambahkan gula pada air kelapa sama saja dengan menambah kalori tambahan yang sebenarnya tidak diperlukan tubuh.

Padahal saat berolahraga kalori berlebih di dalam tubuh sudah dibakar. Untuk itu, minumlah air kelapa murni tanpa tambahan apa pun agar manfaatnya bisa didapat secara maksimal. (*)

Sumber: Hellosehat.com

Komentar Anda

comments