Mulai 7 Agustus 2019 Anggota DPRD Tangsel Dilarang Kunker

oleh -
Ilustrasi. Foto: Dok

Palapanews.com- Mulai 7 Agustus 2019 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) periode 2014-2019 habis masa baktinya. Mulai dari tanggal tersebut, para legislator ini tidak boleh melakukan kunjungan kerja (kunker) luar daerah sampai anggota DPRD periode 2019-2024 dilantik.

“Pelantikan anggota DPRD 2019-2024 belum bisa dilakukan karena masih menunggu putusan MK (Mahkamah Konstitusi). Untuk mengisi kekosongan sampai nanti pelantikan dewan baru, maka dewan periode lama akan tetap bekerja,” kata Sekretaris DPRD Kota Tangsel, Chaerul Saleh di Serpong, Selasa (6/8/2019).

Berdasarkan Surat Keputusan (SK), kata Saleh, anggota DPRD periode 2014-2019 dilantik pada 7 Agustus 2014. Tepat pada 7 Agustus 2019 nanti, ke-50 anggota DPRD habis masa baktinya.

“Hitungan periode memang sudah limat tahun. Tapi karena tidak boleh ada kekosongan, maka kami itu nantinya hanya memfasilitasi jika sedang rapat-rapat di gedung ini saja selama mengisi kekosongan. Tapi kalau kunjungan kerja tidak bisa lagi,” tegasnya.

Ditanya lebih lanjut mengenai apakah sudah ada edaran baru dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagari) terkait status dewan periode lama yang mengisi kekosongan tersebut, Saleh menjawab bahwa sampai saat ini belum ada surat edaran baru. Namun dari konsultasi yang sebelumnya tetap bekerja sampai ada pelantikan.

“Belum, kalau itu (surat edaran Mendagri) kita belum terima. Kami juga masih mneunggu surat edaran yang baru ini terkait keputusan hukumnya seperti apa,” ujarnya.

Ketua DPRD Kota Tangsel Moch Ramlie pun mengakui bahwa memang nantinya belum diperbolehkan untuk melakuan kegiatan kunjungan kerja, atau pun terkait keuangan dewan lainnya selama mengisi kekosongan tersebut.

“Kalau untuk keungan itu dan semacamnya kita memang masih menunggu edaran baru dari Mendageri. Tapi yang pasti kami kan diangkat sumpahnya itu mulai dari dilantik sampai nanti ada pelantikan yang baru, jadi kami akan tetap bekerja sebagai wakil rakyat,” ujarnya. (jok)

Komentar Anda

comments