Keluarga Ini Datang ke TPS di Serpong Utara Kenakan Pakaian Adat

oleh -
Seorang warga mengenakan pakaian adat saat datang ke TPS di Serpong Utara. Foto: Nad

Palapanews.com- Warga Perumahan Cornelia Residence, Pondok Jagung, Serpong Utara, Tangerang Selatan (Tangsel) datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) 025 Pondok Jagung 1 untuk menggunakan hak pilih dengan mengenakan pakaian adat Indonesia.

Bukanya hanya mengajak warga yang datang ke TPS untuk mengenakan pakaian adat saja, tetapi anggota KPPS juga mengenakan pakaian adat.

Terpantau, dari 296 Daftar Pemilih Tetap (DPT) ada beberapa warga yang mengenakan pakaian adat, mulai dari pakaian adat Betawi, Jawa dan lainnya.

Salah satu warga yang mengenakan pakaian adat yakni keluarga Bayunto Widiastono. Pak Bayu biasa disapa, bersama dengan sang istri Endang Ratnawati dan sang putri Desmonda Patricia kompak mengenakan pakai adat dari Sulawesi Selatan.

Bayu yang berasal dari Klaten, Jawa Tengah mengatakan dengan datang ke TPS mengenakan pakaian adat untuk menunjukan Bhineka Tunggal Ika yang saat ini mulai luntur.

“Sekarang lagi gencarnya masyarakat terpecah belah, rasa kebangsaannya luntur. Kita ingin mencoba mengingatkan kembali khususnya kepada generasi muda biar tahu rasa kebangsaan itu seperti ini, dengan pakaian adat ini,” bebernya, Rabu (17/4/2019).

Bayu memang sengaja menyiapkan pakaian adat tersebut untuk mensukseskan Pemilu 2019.

Sementara itu, sang istri Endang Ratnawati menjelaskan dengan pakaian adat ini ingin berpartisipasi lebih di pesta demokrasi lima tahunan ini.

“Dengan pakaian adat ini kami turut berpartisipasi di pesta demokrasi. Sebelumnya, kami ikut partisipasi mengenakan seragam sepak bola. Ini kan lima tahun sekali, kalau enggak ikut sayang kan,” kata Endang.

Sebelumnya, Ketua KPPS TPS 025 Pondok Jagung 1, Hariadi Agung juga mengatakan, akan memberikan door prize menarik bagi warga yang datang mencoblos mengenakan pakaian adat.

“Kita juga siapkan door prize buat warga yang datang dengan menggunakan pakaian adat,” imbuhnya.

Bukan hanya itu saja, di TPS 025 Pondok Jagung 1 ini juga terdapat photo booth Batu Loncat dari Nias dan Totem Papua bagi warga yang sudah menggunakan hak pilihnya. (nad)

Komentar Anda

comments