Unik, Petugas TPS di Tangerang Ini Pakai Seragam Sekolah

oleh -
Petugas KPPS di Tangerang mengenakan seragam sekolah saat bertugas. Foto: Rik

Palapanews.com- Banyak cara yang dilakukan Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) untuk menarik minat masyarakat untuk mencoblos saat Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. Seperti di tempat pemungutan sementara (TPS) 07 dan 08 di Kelurahan Neroktog, Kecamatan Pinang, Kota Tangerang, seluruh petugas KPPS mengenakan pakaian seragam Sekolah Dasar (SD).

Dari pantauan di lokasi, TPS yang berada di dalam perkampungan tersebut selain mengenakan seragam SD, petugas KPPS pun bertingkah selayaknya anak SD, hingga TPS yang dihiasi oleh balon-balon dan kertas origami.

“Ayok datang yuk kak nyoblos. Ini berantakan TPS-nya, bagaimana sih gurunya,” kata seorang petugas KPPS kepada warga yang sedang antre, Rabu (17/4/2019).

Banyak candaan yang terceletuk diantara petugas dengan warganya. Tak jarang petugas memanggil nama calon pencoblos dengan nada yang kekanak-kanakan.

Gimik tawa dan becandaan pun selalu mewarnai di TPS 07 dan 08 sehingga membuat warganya antusias untuk ke TPS bukan sekedar untuk mengabadikan momen langka itu juga untuk menggunakan hak suaranya.

Tak sembarang untuk guyonan, Ketua KPPS 07, Maman mengatakan, tujuan awal ia dan rekannya menggunakan seragam SD untuk mengedukasi anak kecil mengenai Pemilu.

“Jadi kita pakai seperti ini untuk memperkenalkan dan mengedukasi kepada anak-anak usia dini terkait Pemilu. Toh selama ini kita hanya tahunya Pemilu kepada remaja dan lansia,” ujar Maman.

Selain itu, untuk menarik perhatian warganya di Kelurahan Neroktog RT 09 RW05 menjadi alasan utama lainnya KPPS 07 dan 08 mengenakan seragam SD.

“Antusias anggota saat rapat itu ingin cari apa supaya minat masyarakat ke TPS. Nah dengan seperti ini unik. Makanya, kita pancing dengan berdandan seperti ini,” jelasnya.

Dari data yang didapatkan, TPS 07 sendiri memilik 232 Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan hingga sekira pukul 11.00 WIB sudah 170 orang yang sudah nyoblos.

Sebagai informasi, terdapat 5.056 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di 13 kecamatan di Kota Tangerang ditambah 25 TPS di Lapas, dan 10 lagi di Bandara Soekarno-Hatta.

Sedangkan, jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kota Tangerang berjumlah 1.194.190 yang terbagi dari 597.456 DPT berjenis kelamin laki-laki dan 596.734 perempuan. (rik)

Komentar Anda

comments