Menhub bakal Verifikasi Bandara NYIA Akhir Maret 2019

oleh -

Palapanews.com- Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, pembangunan New Yogyakarta Internasional Airport (NYIA) di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakart akan diverifikasi.

Verifikasi berbagai aspek tersebut akan dilakukan akhir Maret 2019, untuk menentukan operasional perdana penerbangan itu.

“Saya akan cek akhir Maret. Setelah cek, nanti akan kita tentukan April jadi atau tidak beroperasinya,” ujar Budi di Tangerang, Rabu, 20 Februari 2019.

Budi mengatakan, setelah verifikasi semua berjalan lancar, rencananya awal operasional Bandara NYIA baru melayani penerbangan internasional. Kehadiran Bandara NYIA, lanjutnya, diharapkan mampu mengurangi beban overload dari Bandara Adisutjipto Yogyakarta.

“Penerbangan sementara hanya melayani ke Singapura, Malaysia, dan umroh. Semoga bisa mengurangi beban angka penumpang di Adisutjipto,” katanya.

Kehadiran bandara baru ini sudah mendesak untuk dibuka agar meringankan beban penumpang dari Bandara Adisutjipto. Namun, pembangunan Bandara NYIA belum seluruhnya rampung. Sehingga, kemungkinan bisa membahayakan bagi calon penumpang.

Budi pun optimis menjawab terkait itu. Ia menyatakan walau baru bisa beroperasi sebagian, namun dinyatakan aman untuk bagi calon penumpang.

“Kan penumpangnya hanya yang tertentu selektif ke luar negeri, paling satu dua penerbangan saja, jadi berharap bisa diminimalisir kesalahan hingga semuanya rampung,” jelasnya.(rik)

Komentar Anda

comments