Peringati HKN dan Health Cities Summit, 30 Ribu Warga Bakal Senam Bersama

oleh -
Walikota Tangerang saat meninjau persiapan lokasi kegiatan HKN. Foto: Ydh

Palapanews.com- Memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-54 dan peresmian Health Cities Summit 2018, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang menggelar senam bersama yang berlokasi di Kawasan Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Minggu 4 November 2018.

Rencananya senam bersama yang melibatkan 30 ribu masyarakat Kota Tangerang juga dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) karena Kota Tangerang ditunjuk sebagai tuan rumah HKN ke-54 dan Health Cities Summit 2018.

Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tangerang, Dadi Budaeri, Sabtu 3 November 2018. Menurut Sekda Kota Tangerang, jika senam bersama ini diikuti oleh berbagai unsur masyarakat mulai dari kader posyandu hingga kader PKK.

“Insya Allah, Pak Presiden akan ikut senam bersama dengan masyarakat Kota Tangerang,” kata Dadi Budaeri saat meninjau persiapan pelaksanaan HKN dan Health Cities Summit 2018 seraya menambahkan, senam bersama ini dimulai pukul 06.00 WIB.

Dikatakan Dadi, Kota Tangerang ditunjuk sebagai tuan rumah HKN ke-54 dan Health Cities Summit 2018 karena program kesehatan yang dimotori oleh Forum Kota Tangerang Sehat (FKTS) dinilai berhasil karena mampu mengajak masyarakat untuk meningkatkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

“FKTS mampu mengajak masyarakat untuk hidup bersih dan sehat, sehingga Kota Tangerang ditunjuk oleh pemerintah pusat,” imbuh Dadi.

Kota Tangerang memiliki beberapa program kesehatan seperti Program Universal Health Care (UHC) yang memberikan keringanan kesehatan bagi masyarakat Kota Tangerang.

“Program ini fokus pada kesehatan pada usaha promotif dan kuratif, dengan melibatkan peran serta masyarakat. Alhamdulillah di Kota Tangerang hadir berbagai Kampung PHBS yang telah bertransformasi menjadi Kampung Tematik dan Kampung Wisata,” pungkas Dadi seraya mencontohkan beberapa Kampung Tematik seperti Kampung Bekelir, Kampung Markisa dan Kampung Hidroponik.

Sementara itu, Menteri Kesehatan RI Profesor Nila Djuwita Moeloek memberikan apresias kepada Pemkot Tangerang yang telah berusaha merubah Kota Tangerang yang demikian padat menjadi Kota yang Layak Huni. Untuk itu, pihaknya meminta kepada Pemkot Tangerang untuk mempersiapkan pelaksanaan Hari Kesehatan Nasional (HKN) dan Health City Summit dengan sebaik-baiknya sehingga Kota Tangerang bisa menjadi barometer pembangunan kesehatan di Indonesia.

“Ini bisa menjadi contoh bagi kota lain, meski dengan keterbatasan kondisi yang ada di Kota Tangerang, tapi pemdanya mampu bangkit dan menjadikan Tangerang Bangkit,” jelas Menteri Kesehatan, Nila Djuwita Moeloek. (ydh)

Komentar Anda

comments